Metode Tikrar dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden

Dwi Ika Mu'minatun, M. Misbah

Abstract


Orang Islam diwajibkan belajar semua ilmu yang dapat dilakukan dengan cara menghafalnya. Menghafal al-Qur’an dijadikan sebagai suatu motivasi dan kebutuhan hidup bagi sebagian orang. Metode tikrar menjadi salah satu langkah mudah bagi santri dalam menghafalkan al-Qur’an, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengulang merupakan kunci untuk hafalan. Tujuan riset ini guna mendekripsikan bagaimana penggunaan metode menghafal yaitu metode tikrar dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an. Selain itu penelitian digunakan guna mengetahui efektivitas metode tersebut. Tipe riset ini adalah kualitatif  riset lapangan yang berbentuk kualitatif deskriptif.  Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Riset ini dilaksanakan di pondok pesantren modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden KabupatenaBanyumas. Hasil riset ini mendeskripsikan metode tikrar dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an dilakukan guna membuat hafalan baru serta guna melalukan pengulangan pada hafalan yang telah dihafalkan sebelumnya. Langkah ini dilakukan dengan membaca ayat secara berulang pada seper empat halaman sebanyak yang diperlukan kemudian setelah lancar, hafalan disetorkan kepada pembimbing. Apabila hafalan dianggap lancar oleh pembimbing maka santri diperbolehkan melanjutkan hafalan pada seper empat halaman kedua atau berikutnya hingga lancar satu halaman penuh. Metode ini sangat efektif digunakan karena lebih mudah dan dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas hafalan yang memuaskan.

Full Text:

PDF

References


Aryani, Sulis, and Mardiah Astuti. n.d. “Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Kelas B Di PAUD SPS Bhakti Pertiwi.” 12.

Hasanah, Hasyim. 2017. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1):21. doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

Hesti Indah Pratiwi. 2017. “Pengaruh Metode Tikrar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas Takhassus Putri di Madrasah Tsanawiyah Negeri Rejoso Peterongan 1 Jombang.” UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ilyas, M. 2020. “METODE MURAJA’AH DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN.” (1):24.

Iswatuna. 2021. “EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TIKRAR TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AT-TARBIYAH ISLAMIYAH KOLAKA.” doi: 10.5281/ZENODO.5579916.

Maitsa Ulinnuha Assalwa. 2017. “Efektivitas Metode Tikrar Dalam Program Hifzul Qur’an Santri Madrasah Aliyah Ponpes Al Iman Muntilan Magelang.” UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Mashuri, Imam, Al Muftiyah, and Siti Fiadhiatun Nafisah. 2022. “IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN SISWA KELAS IX MTs DARUL AMIEN JAJAG GAMBIRAN BANYUWANGI.” 6:24.

Ramadhani, Amalia. n.d. “PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN 2021/1443.” 81.

Safa’at, Muhammad Khairul, and Nurul Latifatul Inayati. 2019. “EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DAN TALQIN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA PROGRAM UNGGULAN KELAS TAHFIDZ DI SMP ISLAM AL ABIDIN SURAKARTA.” 5.

Saiful Aziz Al-Hafidz. 2016. 60 Hari Hafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Media.

Setiana, Elis. n.d. “IMPLEMENTASI METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL QURAN DESA BANJARREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR.” 113.

Sondak, S. H., R. N. Taroreh, and Y. Uhing. 2019. “FAKTOR-FAKTOR LOYALITAS PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA.” 10.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. cetakan ke 21. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2014. Tikrar: Qur’an Hafalan. Bandung: Sygma.

Utami, Nestia Fauzi, Ikin Asikin, and Helmi Aziz. 2020. “Penggunaan Metode Tikrar dalam Kemampuan Menghafal Al-Quran di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Yuppi Soreang Kabupaten Bandung.” 6(1):6.

Wina Sanjaya. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis,Metode dan Prosedur. ke 3. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Ika Mu'minatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.