Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ

I Ga Ayu Anggela Heni Krisnayanti, Sendi Wijaya

Abstract


Pembelajaran jarak jauh sudah berlangsung lebih dari dua tahun. Para siswa belajar dari rumah dan melakukan pembelajaran seadanya dengan menggunakan teknologi yang ada. Semua mata pelajaran diwajibkan mampu dimaksimalkan dengan fasilitas yang ada baik yang dimiliki oleh guru ataupun murid. Salah satu bidang studi  yang mengalami kendala dalam penyampaiannya di sekolah XYZ adalah science. Pembelajaran science yang sebelumnya lebih banyak dilakukan di laboratorium, kerja kelompok, diskusi, eksplorasi, harus terhenti karena kondisi tersebut. Hal ini memunculkan masalah baru yang ternyata adanya penurunan hasil belajar siswa kelas 5 SD di sekolah XYZ. Berdasarkan hal inilah peneliti kemudian melakukan penelitian untuk mengetahui terlebih dahulu apakah ada pengaruh kinerja guru science terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD sekolah XYZ selama pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru science selama pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan menggunakan uji statistik yang perhitungannya dibantu menggunakan miscorosoft excel. Jumlah populasi sebanyak 52 siswa. Anget digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini karena dirasa sesuai dengan topik yang dipilih. Hasil penelitian yang didapat menerangkan bahwa rata-rata kinerja guru science di sekolah XYZ sebesar 54,44 yang dinilai masih bisa ditingkatkan lagi. Rata-rata hasil belajar siswa dinilai dengan menggunakan posttest dan didapati rata-rata nilai siswa adalah 89,75 yang artinya cukup tinggi. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan metode regresi sederhana ditemukan bahwa korelasi antara kinerja guru terhadap hasil belajar yaitu 0,105<0,275, yang artinya dapat disimpulkan bahwa kinerja guru di sekolah tersebut tidak berkorelasi positif terhadap hasil belajar siswanya.

Kata kunci:  Kinerja guru, hasil belajar siswa, science


Keywords


Kata kunci: Kinerja guru, hasil belajar siswa, science

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46–50.

Muhibbin, S. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6(1).

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.

Pujoandika, R., & Sobandi, A. (2021). Dampak kinerja guru dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 47–56.

RI, P. P. (2008). Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2008 tentang Guru.

Sari, N. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja guru Sekolah Dasar Swasta di Jakarta Timur. IMPROVEMENT Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8(1), 116–124.

Slameto. (2010). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru. Algesindo Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Utami, N. R., Firdaus, E., Subakti, H., Purba, S., Salamun, S., Avicenna, A., Cecep, H., Cahyadin, W., Sakirman, S., & Salim, N. A. (2021). Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sendi Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.