Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perpangkatan Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Konsep Dengan Metode Latihan Pada Siswa Kelas IX.3 SMPN 1 Praya Tahun Pelajaran 2014/2015

Fransisco Xaverius Fernandez

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh antusiasme dari siswa dalam proses belajar. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan bersifat konvensial, sehingga sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika itu adalah pelajaran yang rumit dan membosankan, ini berakibat pemahaman konsep yang kurang. Di dalam menyelesaikan masalah matematika diperlukan pemahaman konsep dan metode latihan. Pemahaman konsep yang tidak didukung latihan akan mengakibatkan siswa mempunyai gerakan yang baik tentang suatu konsep tetapi tidak mampu menyelesaikan masalah. Di lain pihak, metode latihan yang tidak didukung oleh pemahaman konsep akan mengakibatkan siswa mehir mengerjakan soal tetapi tidak memahami dan mengetaui makna dan konsep dari soal itu.  Salah satu medel pembelajaran yang tepat terkait kondisi tersebut adalah penerapan pendekatan konsep dengan metode latihan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan  pembelajaran perpangkatan bilangan berpangkat dan implementasi pembelajaran menggunakan pendekatan konsep dengan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP. Penelitian menunjukkan bahwa: Untuk mengatasi kesulitan siswa pada pembelajaran matematika karena anggapan negatif agar membuat siswa semangat dalam belajar matematika maka seorang peserta didik harus menghilangkan agapan negative tentang matematika (mitos) dan gunakan kepanjangan matematika yaitu: Makin TEkun Makin TIdak KAbur. Untuk mengatasi kesulitan siswa pada perpangkatan bilangan berpagkat peserta didik menggunakan pendekatan konsep dengan metode latihan. Implementasi pendekatan  konsep dengan metode latihan pada pembelajaran perpangkatan bilangan berpangkat: persiapkan guru pada materi,bahan yang digunakan dalam pembelajaran dan jadwal latihan, peyampaian materi, tahap pembelajaran individu.

Keywords


Perpangkatan bilangan berpangkat, Metode latihan, Implementasi Pendekatan Konsep

References


Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Praktis. Yogjakarta: Mitra Pelajar

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara

Herman, Hudoyo. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang:IKIP Malang.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar belajar matematika.Jakarta:DEKDIKBUD DIRJEN PT PPLPTK.

Masykur, Moch. Ag ., Halim Fathan, Abdul. 2008.Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih

Mulyon. 2012. Strategi pembelajaran. Malang:UIN-Maliki Press. Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Suhendra, dkk. 2003. Stategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Jica.

Suherman, Erman, H., dkk. 2003. Common teks book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer . bandung : jica..

Syahrir, S. (2010). Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v4i1.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.