PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN DAN KESADARAN LITERASI MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA NUSA TENGGARA BARAT

Duwi Purwanti

Abstract


Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Rendahnya budaya membaca mahasiswa akan  berdampak pada kurangnya kompetensi menulis mahasiswa. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa literasi harus terus ditingkatkan dikalangan mahasiswa.  Oleh karena itu membentuk kemampuan dan Kesadaran Literasi harus dilakukan secara sistematis dengan menggunakan metode yang efektif dan efisien. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpul dengan menggunakan kuesioner angket serta dianalisis dengan menggunakan statistik deskritif. Upaya yang dapat dilakukan diantaranya dengan (1) menelaah komponen materi mata kuliah bahasa Indonesia, (2) mengetahui struktur dan bentuk karya tulis  akademik  (3) memaksimalkan proses pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia dengan menyiapkan perencanaan yang baik, pelaksanaan pembelajaran yang maksimal, evaluasi/penilaian yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai

Keywords


Persepsi, Kemampuan dan Kesadaran literasi, Bahasa Indonesia

References


Abdul Kadir. 2016 Pengaruh Model Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan dan Kemampuan Awal terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Peserta Didik di MTs Kota Kendari. Disertasi. Makassar: PPS UNM.

Abdul Majid (2006). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis, Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Penerbit Kiblat.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. (2001). A taxonomy for learning teaching, and assessing. A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Longman.

Burhan Nurgiayantoro. (2009). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: BPFE.

Burton, J, Quirke, P, Reichman, C,L, & Peyton, J.K. (2009). Reflective writing: A way to lifelong teacher learning. Washington, DC.

De Porter, dkk. 1999. Quantum Learning. Bandung . Kaifa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Modul materi kuliah bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti.

Eanes, R. 1997. Content Area Literacy: Teaching for Today and Tomorrow. Washington: ITP An International Thomson Publishing Company.

Gasali. 2009. Nyanyian rakyat Kaili: struktur, fungsi dan Nilai. (jurnal )

Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT Rieneka. Cipta

Hernowo. 2005. Menjadi guru yang mau dan mampu mengajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Bandung:MLC

Juwanda. 2017. Penerapan Model Inkuiri Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa. Jurnal Logika, Vol XIX No 1 April 2017.

Lipton, Laura. (2005). Menumbuhkembangkan belajar mandiri. Bandung: Nuansa

Nana Sudjana. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2003. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

SA Sayuti (1994). Pengajaran Sastra: Pengantar Pengajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soemanto. C. Soebakti. (2001). Makna kehadiran lakon waiting for godot karya Samuel becket dari Amerika dan Indonesia. Suatu Studi Banding. Yogyakarta: FIB UGM.

Syaiful Sagala (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Cet. II, Bandung: Alfabeta.

Syihabuddin. 2006. ―Ihwal Menulis Akademik dalam MPK Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi‖. Makalah disajikan dalam Pelatihan Nasional Dosen Bahasa Indonesia di Yogyakarta.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.