BENTUK DAN PENGGUNAAN BAHASA TABU PADA ANAK DI LINGKUNGAN BERTAIS KOTA MATARAM

Nana Ari Anggraini, Mahyuni Mahyuni, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan penggunaan bahasa tabu yang digunakan oleh anak-anak di Lingkungan Bertais kota Mataram. Latar belakang dilakukan penelitian ini karena maraknya penggunaan bahasa tabu oleh anak-anak di lingkungan tersebut sehingga menimbulkan keprihatinan terhadap masa depan bahasa anak-anak tersebut yang tidak memiliki sopan santun dalam berkomunikasi baik terhadap orang tua maupun teman sebaya. Metode dalam penelitian ini adalah observasi, simak dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori bentuk dan makna makian oleh Wijana. Tujuan yang ingin dicapai untuk mendeskripsikan bentuk dan penggunaan bahasa tabu tersebut kemudian memberikan bentuk bahasa yang lebih sopan untuk menggantikan bahasa tersebut agar tidak lagi menjadi bahasa yang tabu. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis kualitatif dengan tahapan-tahapan menyeleksi, mendeskripsikan, mengklasifikasikan data berdasarkan referensinya, dan terakhir menganalisis data tersebut untuk dapat menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dari 8 jenis referensi yang terdapat dalam teori Wijana, ditemukan 7 bentuk bahasa tabu yang biasa digunakan yaitu referensi keadaan, binatang, benda, bagian tubuh, makhluk halus, aktifitas dan profesi. Sedangkan referensi berdasarkan kekerabatan tidak ditemukan penggunaanya. Penggunaanya hanya ditemukan pada anak-anak yang sudah memasuki jenjang SMP dan SMA. Hal tersebut bukan bagian dari fokus penelitian ini, penelitian ini berfokus pada bahasa tabu yang digunakan oleh anak-anak usia SD.


Keywords


bentuk, penggunaan bahasa, bahasa tabu

Full Text:

PDF

References


Ahmadi anas, Jauhar Mohammad. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Aini, J, Burhanudin, dan Saharudin. 2021. Konstruksi Perempuan Dalam Lagu-Lagu Berbahasa Sasak: Studi Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5 (3).

Arini AR, dkk. (2015). Ungkapan Tabu Dalam Tuturan Peserta Pada Acara Indonesia Lawyers Club Di Stasiun TV One. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. 3 (1).

Arrozi, P. Burhanuddin, dan Saharudin. 2020. Leksikon Etnomedisin dalam Pengobatan Tradisional Sasak: Kajian Antropolinguistik. Mabasan,14 (1), 17-30.

Badelah, Mahsun, dan Burhanuddin. 2019. Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16 (2), 219-234.

Brown, Douglas, H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Education.

Burhanuddin dkk. 2021. Teachers’ Ability on Language Devices and Social Objective of the Text in Text-Based Indonesian Language Learning at Junior High Schools Level in Mataram City. Dalam Proceeding 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 602-605. Atlantis Press.

Burhanuddin, Sumarlam, dan Mahsun. 2019. The Complexity of Phonological Change in South Halmahera Languages. Dialectologia, Nomor 22.

Burhanuddin. 2010. Pemetaan Anak Tidak dan Putus Sekolah Usia 7-15 Tahun di Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi NTB: Ke Arah Penuntasan Wajar 9 Tahun. Simposium Hasil-Hasil Penelitian Bidang Pendidikan 2 (Balitbang, Kemdikbud), 1-5.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Diana J, Mahsun, dan Burhanuddin. 2019. Gender dalam Bahasa Samawa Tinjauan Antropolinguistik. Basastra, 8 (1), 15-28.

Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia.

Hilman, A, Burhanuddin, dan Saharudin. 2020. Wujud Kebudayaan Dalam Tradisi Suna Ro Ndoso: Kajian Etnolinguistik. Basastra, 9 (3), 255-270.

https://covesia.com/mahasiswa/baca/75270/pengaruh-lingkungan-sosial-terhadap-bahasa-anak. Diakses Agustus 2020

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://sipppid.mataramkota.go.id/file/profil-kelurahan-bertais.pd (diakses jumat 3 Juni 2022)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tabu Diakses 13 juli 2020

Laksana, I Ketut. 2009. Tabu Bahasa : Salah Satu Cara Memahami Kebudayaan Bali. Bali : Udayana University Press.

Mahsun. 2017. Metode penelitian bahasa. Depok : PT Rajawali Pers.

Nurfidah, Mahsun, dan Burhanuddin. 2020. Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK Dan MA Di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4 (3).

Raco. J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana.

Resta Indriani Putri Utami, dkk. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar Pada Anak Usia 4 Tahun di Kampung Cihanjawar Purwakarta. Parole (Jurnal pendidikan dan sastra Indonesia) 1 (6).

Riza Mutia, dkk (2018). Deskripsi Bahasa Tabu Dalam Masyarakat Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBS. 3 (2).

Soetjiningsih, Christiana Hari. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group

Sumarsono. 2017. Sosiolinguistik. Yogyakarta : SABDA (Lembaga Studi Agama, Budaya dan Perdamainan).

Syamsul Rijal (2015). Pengaruh Pola Berbahasa Orang Tua Anak Jalanan Di Kota Makassar : Analisis Psiko-Sosiolinguistik. Jurnal tutur. 1 (2).

Wijana, I Dewa Putu, dan Muhammad Rohmadi. 2013. Sosiolingustik Kajian Teori dan Analisis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nana Ari Anggraini, Mahyuni Mahyuni, Burhanuddin Burhanuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.