REFLEKSI EKOLOGI BUDAYA MASYARAKAT BIMA DOMPU DALAM NOVEL LA HAMI KARYA MARAH RUSLI : PERSPEKTIF JULIAN STEWARD

Muhammad Aris Firdaus, Mahsun Mahsun, Johan Mahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekologi budaya dalam  Novel La Hami karya Marah Rusli menggunakan perspektif Julian Steward yakni: 1) mendeskripsikan hubungan antara lingkungan dengan pemanfaatan teknologi masyarakat Bima Dompu dalam novel La Hami, 2) mendeskripsikan pola perilaku pemanfaatan lingkungan masyarakat Bima Dompu menggunakan teknologi tertentu dalam novel La Hami dan, 3) mendeskripsikan hubungan pengaruh pola-pola prilaku masyarakat Bima Dompu dengan unsur-unsur budaya lain dalam Novel La Hami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan teknik kepustakaan dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam novel La Hami: 1) hubungan antara lingkungan dengan pemanfaatan teknologi oleh masyarakat Bima Dompu dengan cara penggunaan alat-alat produksi seperti parang (cila), panah (fana), jerat (ai lento), dan tombak (buja) serta kuda (jara) yang merupakan alat transportasi dalam kegiatan berburu (nggalo), 2) pola prilaku pemanfaatan menggunakan teknologi tertentu masyarakat Bima Dompu antara lain dengan cara berburu Rusa dan Kijang untuk bahan makanan, berburu Rusa dan Kijang untuk perlombaan atau hiburan, dan berburu Kuda liar, 3) Pengaruh pola prilaku dengan unsur atau aspek lain dalam  kebudayaan Bima Dompu yang ada dalam novel La Hami ditunjukkan pada empat aspek yaitu sistem pengetahuan, kepercayaan, kesenian, dan bahasa.

Keywords


Ekologi Budaya, Teknologi Masyarakat Bima Dompu

Full Text:

PDF

References


Ahimsa, Putra HS. 1994. Antropologi Ekologi: Beberapa Teori dan Perkembangannya. Universitas Gajah Mada.Yogyakarta.

Endraswara, Suwardi. 2016. Sastra Ekologis Teori Dan Praktik Pengkajian. Yogyakarta: Caps.

Kusmiaji, Inghar Ghupti Nadia.2021. Ekologi Budaya Dalam Cerpen “Kayu Naga” Karya Korrie L.R :Kajian Ekologi Budaya Julian H.Steward.Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 5 (2) :22-32.

Koenjaraningrat.2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Lestari, Fujiah. 2017. Analisis Wujud Budaya Bima (Mbojo) dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel La Hami Karya Marah Rusli

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Nazir, Mohammad. 1988.Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ratna, Nyoman Kutha.2012. Teori Metode, Dan Teknik: Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusli, Marah. 2011. La Hami. Jakarta : PT. Balai Pustaka ( Persero )




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Aris Firdaus, Mahsun Mahsun, Johan Mahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.