IMPLEMENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MODEL PBL MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNIMA

Meike Paat

Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiwa dengan mengimplementasikan multimedia pembelajaran biologi berbasis model problem based learning melalui google classroom pada mahasiswa semester I Jurusaan pendidikan-biologi FMIPA UNIMA. Kurangnya kemampuan mahasiswa dalam berpikir, mengerti, memecahkan masalah, diperparah pandemi covid-19 menyebabkan pembelajaran terganggu karena tatap muka dibatasi, sehingga diperlukan multimedia pembelajaran melalui google classroom mampu mempermudah proses pembelajaran secara daring, luring ataupun blended-learning. Metode yang digunakan  merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian 21 mahasiswa. dilaksanakan tiga siklus pembelajaran dengan empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Data dianalisis dengan rumus P=?/?x100%. Hasil analisis data terdapat peningkatan hasil belajar, kemampuan memecahkan masalah. Peningkatan tersebut tergambar dari meningkatnya ketuntasan klasikal setiap siklus, dari rata-rata 2,0 siklus I, siklus II 2,4 menjadi 3,2 pada siklus III. Peningkatan persentase hasil belajar siklus I sampai siklus III adalah dari 48% siklus I menjadi 90% pada siklus III. Jumlah Mahasiswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal/batas lulus: 10 Mahasiswa (siklus I), 14 Mahasiswa (siklus II), menjadi 19 (Siklus III). Peningkatan ketuntasan mahasiswa dari siklus I ke siklus III sebesar 42% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 30%. Kesimpulkan implementasi multimedia pembelajaran Biologi-Umum melalui google-classroom dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat  meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Keywords


Implementation Multimedia Learning PBL Google classroom

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Firmansyah, F. H., Aldriani, S. N., Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multimedia. 2(2):93-100.

Fitri, A. N. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Informatika Materi Teknik Komputer di SMA Negeri 2 Kuningan. Journal of Informatics and Vocational Education.;3(1).

Kawuwung, F. R., & Paat, M. (2019). Analisis Angket Tanggapan Siswa Terhadap Implementasi Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Kabupaten Minahasa Utara. In SEMINAR NASIONAL BIOLOGI KEPULAUAN. (Vol. 1).

Komariah, N., Mujasam, M., Yusuf, I., Widyaningsih, S. W. (2019). Pengaruh Penerapan Model PBL Berbantuan Media Google Classroom Terhadap Hots, Motivasi dan Minat Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 1(2):102-13.

Krisna E. D., & Marlinda N. L. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education. 15;4(3):91-7.

Mandome, A. A. & Puasa, A. T. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 4(2), 184-195.

Nurfidah, N., Rosdiyanti, E., & Khairunnisah, N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).

Paat, M., Kawuwung, F. R., Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi SMPN 5 Tondano. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan). 10;5(2).

Paat, M., Marentek, E.A., and Pelenkahu, N. (2018). Problem-Based Instructional Development Model At Senior High School In Manado, North Sulawesi, Indonesia. Journal Of Advanced Research in English & Education. 3(4), pp.15-24.

Paat, M., Sutopo, H., Siregar, N. (2019). Developing a Mobile Multimedia-based Learning Resource on Living of Komodo Dragons. InProceedings of the 2019 3rd International Conference on Computer Science and Artificial Intelligence (pp. 273-277).

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education. 2(01).

Saiyah, S. (2021). Implementasi Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Vii-1 SMP Negeri 2 Tebing Tinggi. School Education Journal Pgsd Fip Unimed. 11(1), 26-34.

Siregar, N., Sutopo, H., and Paat, M. (2019). "Mobile Multimedia-based Batakologi Learning Model Development." Journal of Mobile Multimedia. 271-288.

Solung, R. S., & Paat, M. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. SCIENING: Science Learning Journal, . 2(2), 106-113.

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., Sudarti, S. (2020). Pengaruh Model PBL Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 6(2):230-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meike Paat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.