Pengembangan Media Bingo Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Pamotan

Fida Mega Nur Hidayati, Galuh Kartika Dewi, Satrio Wibowo

Abstract


Penelitian pengembangan didasari oleh permasalahan di SDN Pamotan. Kebanyakan peserta didik akan cepat bosan saat pendidik menyampaikan materi pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media permainan memungkinkan peserta didik lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dikembangkan dengan tujuan: (1) mengetahui kelayakan media Bingo dengan uji validasi oleh ahli materi, ahli media, dan hasil belajar peserta didik. (2) mengidentifikasi peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan media Bingo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, materi yang diteliti mengenai Bangun Ruang dengan melibatkan 29 peserta didik yang dibagi menjadi 2 grup yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji kelayakan media menunjukkan persentase  sebesar 77,5% dengan kriteria layak. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (awal dan akhir), rata-rata nilai awal yang diperoleh kelas kontrol yaitu 56.25 dan nilai akhir mencapai 68.75, pada kelas eksperimen nilai awal rata-rata 65.83 dan nilai akhir 98.33. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan adanya pengaruh penggunaan media Bingo terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords


Media Bingo, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT Rhineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas, terj. Wasi Dewanto. Jakarta: Indeks.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Rahmawati, E .,& Dewi, G. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education,611.Https://Doi.Org/10.3631 2.Jime.V6i2.1340.

Rohmatul, F ., Wibowo, S. Rosyidah, U. (2021). Pengaruh Model Discovey Learning dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.31004/edukatif,v3i.894.

Silberman, Melvin L.2006. Active Learning 101 Cara Belajar peserta didik Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Resdokarya

Sugiyono.2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.Bandung: Alfabeta.

Suroiha, L., Dewi G. K., Wibowo, S. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Https://Doi.Org/10.31004/edukatif,v4il.1856.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2016.

Winarsunu, Tulus. 2012. Statistik dalamPenelitianPsikologi Pendidikan. Malang:Umm Press




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fida Mega Nur Hidayati, Galuh Kartika Dewi, Satrio Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.