PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING-STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGGI PADA MATERI IPA PADA SISWA KELAS IV

Zulfin Dano Syarifuddin, Endang Wahju Andjariani, Anggralita Sandra Dewi

Abstract


Salah satu model dan pendekatan yang dapat dikembangkan oleh guru dan berpusat pada siswa adalah model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa menyelesaikan masalah mereka serta memperbaiki nilai yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah Participatory Action Research atau penelitian kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tenggulunan Kec,Candi dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan 2 siklus,di mana sebelum menggunakan pembelajaran Problem Based Learning-STEAM atau tahap siklus I hanya memperoleh 41% untuk berpikir tingkat tinggi dan 19% untuk hasil belajar sedangkan setelah menerapkan pembelajaran Problem Based Learning-STEAM atau tahap siklus II pada observasi kedua sebanyak  97% untuk berpikir tingkat tinggi dan 86% untuk hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning-STEAM yang tepat dan sesuai dengan sintaks model PBL dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir tinggi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tenggulunan.

Keywords


Problem based learning-steam Meningkatkan keterampilan berpikir tinggi

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki, et.al., Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 2018, Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Dewi, AS (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Video IPA Materi Bagian-bagian Utama Tubuh Hewan Pada Siswa Kelas II B SDN TANAH KALIKEDINDING II SURABAYA TA 2017/2018. repository.stkippgri-sidoarjo.ac.id/100/1/15.pdf

Diani, R., Khotimah, K., Khasanah, U., & Ridho, M.S. 2019. Scaffolding in physics learning

based on Problem Based Instruction (PBL): The effect on concept understanding and

self efficacy. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3):310–319.

Ghazali, HA & Andjariani, EW (2019). “Penerapan contextual Teaching and Learning melalui kegiatan wisata belajar terintegrsi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa SMP IT Insan Kamil Sidoarjo, Prosiding Conference on Research & Community Service.9-22-2019,https://scholar.google.com/scholar?q=related:4IQFHay8JgcJ:scholar.google.com/&scioq=&hl=id&as_sdt=0,5&authuser=4#d=gs_qabs&t=1653452231752&u=%23p%3D4IQFHay8JgcJ

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono 2013, “Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan Kombinasi” (Mix Methods)

Sugiyono 2018, “Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods)” Cetakan ke 10 Penerbit Bandung Alfabeta

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulfin Dano Syarifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.