PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 8 SAMPAI 11 TAHUN DI DESA NUNGGI

Ewan Irawan, Rusdin Rusdin, Rusdin Rusdin, Salahudin Salahudin, Salahudin Salahudin, Anhar Anhar, Anhar Anhar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perilaku sosial anak usia 8 sampai 11 tahun didesa nunggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang dilakukan adalah “One Group Pretest-postest Design”. Populasi dalam penelitian ini 34 anak didesa nunggi.Test menggunakan angket keterampilan sosial. Tujuan test ini untuk mengetahui pengaruh perilaku sosial anak didesa nunggi. Tehknik analisi data menggunakan uji t melalui uji persyaratan normalitas dan homogenitas.Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perilaku sosial anak usia 8 sampai 11 tahun didesa nunggi. Hasil ini dibuktikan dengan perbandingan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa nilai rata-rata anak setelah diterapkan permainan berupa permainan bentengan adalah 28,25 jika dibandingkan dengan sebelumnya nilai rata-rata 15,84. Hal tersebut menunjukan bahwa nilai posttest lebih besar dari pada pretest (28,25 > 15,84). Berdasarkan analisis data untuk menjawab hipotesis penelitian yang diajukan diperoleh nilai “ t “ hitung sebesar 17,156 dengan tarafsignifikan 2,035 dengan d.f=33 ternyata angka penolakan hipotesis Nol yang dinyatakan dalam tabel nilai-nilai “ t “ besarnya adalah 2,035 dengan demikian maka hipotesis Nol ditolak dan hipotesis alternative yang mengatakan “ada pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perilaku sosial anak usia 8 sampai 11 tahun” diterima.

Keywords


Fortress Games; Children's Social Behavior

Full Text:

PDF

References


A, I. (2006). Education Games (menjadi cerdas dan ceria dengan permainan edukatif). . Yogyakarta: Pilar Media.

Djunaedi, S. (2007). Permainan Tradisional Bentengan Sebagai Metode Permainan Untuk Pengembangan kecerdasan KinestetikAnak Usia Dini . Kediri: UNP Kediri.

Ishaq, M. (Desember 2015). Latihan Olahraga Dalam Permaina Tradisional. Efektivitas Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SDIT AULADI PALEMBANG, 41-48.

Khamdani, A. (2010). olah raga tradisional indonesia. kalimantan barat: PT. marga borneo tarigas.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak . Jakarta: KENCANA.

Lestari, H. (2016). Permainan Kecil Pendidikan Olahraga. Palembang : Universitas PGRI.

Sukirman, D. (2004). Permainan Tradisional jawa sebuah upaya pelestarian Kebudayaan. Yogyakarta: Kepel Press

Ukasyah. (2007). Indentifikasi Faktor-faktor Perminan Tradisional Bebentengan Sebagai Basis Perancangan game pemicu peningkatan sistem Motorik Anak. Bandung: ITB Bandung

Surawan. (2020). Dinamika Dalam Belajar (Sebuah Kajian Psikologi Pendidikan). Banguntapal




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ewan Irawan, Rusdin Rusdin, Rusdin Rusdin, Salahudin Salahudin, Salahudin Salahudin, Anhar Anhar, Anhar Anhar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.