TRADISI PEMBACAAN HIZIB NAHDLATUL WATHAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL MUHIBBIN NW MISPALAH PRAYA LOMBOK TENGAH

Lalu Saudi

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari, dzikir sangat bermanfaat bagi seseorang dalam memberikan dampak baik bagi kehidupan serta menambahkan ketaatan kepada Allah SWT. Pembacaan hizib Nahdlatul Wathan, bukan sekedar tradisi biasa akan tetapi sebagai benteng pertahanan dan penjagaan bagi pesantren. Setiap perjuangan, tentu menghadapi ancaman, tantangan maupun hambatan dalam proses pengembangannya, begitu pula dengan pondok pesantren tersebut. Oleh karena itu, penting bagi pengurus, pembina, para asatidz maupun para santri melantunkan doa-doa mujarab yang telah tersusun di dalam hizib Nahdlatul Wathan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian berlangsung selama hampir enam bulan dengan melibatkan pengasuh atau pembina dan santri. Analisis data menggunakan konsep analisis oleh Miles dan Huberman (1984). Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hizib Nahdlatul Wathan lahir di tengah perjuangan melawan penjajah yang ditulis oleh Maulana Syaikh TGKH. Zainuddin Abdul Madjid. Pembacaan hizib Nahdlatul Wathan di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah telah menjadi tradisi dan keharusan bagi para santri yang dibaca setiap malam jum’at dan pada waktu dan acara tertentu. Terdapat dua puluh enam nilai karakter yang terkandung dalam hizib Nahdlatul Wathan dan yang menjadi karakter pilihan yang tertanam pada diri para santri di Pondok Pesantren Darul Muhibbin NW Mispalah adalah jujur, berani, berakhlak, tolong menolong dan bekerja sama.


Keywords


Tradisi, hizib, karakter santri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i4.4013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lalu Saudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.