Pengembangan Permainan Multiply Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian Di Kelas V MI NU Tenggulunan Sidoarjo

M. Khusni Mubarok, Fatimatuz Zahro, Budhi Rahayu Sri Wulan, Endang Wahju Andjariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan multiply cards untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi perkalian di kelas V. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan nilai hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran matematika materi pecahan perkalian karena kebanyakan siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulitdan media yang digunakan kurang menarik sehingga siswa tidak tertarik dalam mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah validasi, observasi dan tes hasil belajar siswa (pretest and postest). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, lembar observasi dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media multiply cards layak digunakan untuk pembelajaran operasi hitung perkalian pecahan kelas V. Hasil yang diperoleh dari validasi kelayakan media diperoleh nilai persentase 95 % memiliki kategori sangat layak. Uji reliabilitas menggunakan SPSS 24 memperoleh nilai 0,884 dinyatakan reliabel. Hasil uji keefektifan menggunakan rekap perhitungan N-Gain memperoleh nilai 0,44 bahwa nilai hasil belajar siswa berkategori sedang, dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran efektif berdasarkan nilai hasil belajar siswa MI NU Tenggulunan Sidoarjo.

Keywords


Multiply Cards, Kemampuan Berhitung, Perkalian Pecahan, Research and Development (R & D)

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Dewi, A. L. S. (2022). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1062–1066.

Djafar. (2018). Pembelajaran matematika sekolah dasar. Bandung:Yayasan Nuansa Cendia.

Maulidiyah, Y., Mubarok, K., & Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan di Sekitarku Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 606–615.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Wulan, B. R. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p1-5




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatimatuz Zahro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.