Kemampuan Memproduksi Teks Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Wilayah Gugus 1 Kecamatan Brang Rea

Heri Febriansyah, Burhanuddin Burhanuddin, Johan Mahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan siswa Kelas V Sekolah Dasar di Wilayah Gugus 1 Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat terhadap pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks khususnya kemampuan dalam memproduksi teks cerpen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bree, SDN Desa Beru, SDN Sapugara, SDN Seminar, dan SDN Kejawat yang berada di wilayah gugus 1 Kecamatan Brang Rea. Wujud data penelitian berupa hasil teks cerpen yang diproduksi siswa. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan intralingual teknik HBB, HBS, dan HBSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) ditinjau dari penerapan struktur teks, dapat dikatakan sangat mampu dalam memproduksi teks cerpen. (b) ditinjau dari kemampuan menggunakan piranti-piranti kebahasaan teks, dapat dikatakan masih kurang mampu. (c) dan terakhir, ditinjau secara menyeluruh dapat dikatakan cukup mampu dalam hal memproduksi teks cerpen.


Keywords


Kemampuan Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Cerpen

Full Text:

PDF

References


Adidah, A., Thahar, H. E., & Basri, I. (2016). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang” dalam e-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 5 Nomor 2 September 2016;Seri A 24-30.

Alwi, Hasan, Soejono Darjdowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Apriani, W. & Malana,I. (2020). “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Jalan Cagak Tahun Pelajaran 2019/2020” Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 1.

Arifin, Z. dan Amran, T. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Burhanuddin dkk. (2021). Teachers’ Ability On Language Devices And Social Objective Of The Text In Text-Based Indonesian Language Learning At Junior High Schools Level In Mataram City. In Proceeding 2nd Annual Conference On Education And Social Science (ACCESS 2020), 602-605.

Burhanuddin, Sukri, Aswandikari, dan Ali, N. (2022). Penyuluhan Kemampuan Piranti Kebahasaan Guru SMP/MTs Dalam Pembelajaran Berbasis Teks Di Kota Mataram” dalam e-Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(1), 97-102.

Chaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Djajasudarman, Fatimah. (2013). Semantik 2 Relasi Makna, Paradikmatik, Sintakmatik, dan Derivasional. Bandung: Refika Aditama.

Erianti, B. (2019). Meningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Kls IX-4 SMPN 10 Batam Tahun Ajaran 2018/ 2019. Dalam e-Jurnal Instructional Development Journal (IDJ), 2 (2).

Handayani, S., Sobari, T., & Abdurrokhman, D. (2020). “Penerapan Model Jigsaw Dalam Keterampilan Menulis Cerpen Pada Kelas XI” dalam e-Jurnal Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(3), 523-530.

Isnaini, L., & Adnan, A. (2019). Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Pop Up Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 26 Banda Aceh. e-Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya Edisi Revisi Ketiga. Depok: Rajawali Pres.

Mahsun. (2018). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya Edisi Kedua. Depok: Rajawali Pres.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya Edisi Revisi. Depok: Rajawali Pres.

Makasa, A.P.W., Mahsun, dan Burhanuddin. 2022. Pengaruh Intergrasi Metode Komunikatif dan Saintifik terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII MTsN 1 Sumbawa Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(3).

Maulina, H., Intiana, S. R. H., & Safruddin, S. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar” dalam e-Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 482-486.

Nurfidah, Mahsun, dan Burhanuddin. (2020). Pemahaman Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK dan MA di Kota Mataram Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudarsana, I Kadek, I Wayan Rasna, dan I Wayan Artita. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Oleh Guru di Kelas XI Bahasa dan Budaya di SMA Negeri 4 Singaraja” dalam e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Sudriansyah, H., Burhanuddin, Dan Saharudin. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 13(2).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., Indihadi, D., & Kosasih, E. (2022). “Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Teks Cerpen Siswa Kelas V pada saat Pembelajaran Daring” dalam e-Jurnal PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 56-66.

Susilawati, S., Mahsun, M., & Mahyudi, J. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia SMA, SMK, dan MA di Kota Mataram dalam Merancang Rencana Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Syambirawansah, D., Mahsun, dan Burhanuddin. (2022). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Kepenulisan Teks Eksposisi di SMP Negeri 3 Poto Tano: Metode Campuran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Yulianti, W., Mahsun, dan Burhanuddin. (2022). Kemampuan Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Ditinjau dari Aspek Struktur dan Kebahasaan Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Sekongkang. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Heri Febriansyah, Burhanuddin Burhanuddin, Johan Mahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.