KARAKTER FAIRPLAY DALAM OLAHRAGA SEPAK BOLA: PERSPEKTIF PELATIH, ATLET, DAN WASIT

Dadang Warta Candra Wira Kusuma, Muhammad Salabi, Ismail Marzuki

Abstract


Pengembangan karakter yang positif dalam olahraga dapat diterapkan dengan menanamkan fairplay, menjunjung tinggi sportivitas, menolak kecurangan, menghargai lawan, mengabaikan provokasi, dan menghindari hal yang berujung kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan dan pemahaman pelatih, atlet dan wasit dalam membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional untuk mengumpulkan data yang luas dan banyak. Populasi dalam penelitian adalah adalah pelatih, atlet, dan wasit sepak bola di Kabupaten Lombok Tengah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman pelatih untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Lombok Tengah, sebagai berikut: (1) Pengetahuan dan pemahaman pelatih berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 0,00% (0 pelatih), “kurang” sebesar 33,33% (5 pelatih), “cukup” sebesar 46,67% (7 pelatih), “baik” sebesar 6,67% (1 pelatih), dan “baik sekali” sebesar 13,33% (2 pelatih); (2) Pengetahuan dan pemahaman atlet berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 4% (1 atlet), “kurang” sebesar 28% (7 atlet), “cukup” sebesar 40% (10 atlet), “baik” sebesar 20% (5 atlet), dan “baik sekali” sebesar 8% (2 atlet); dan (3) Pengetahuan dan pemahaman wasit berada pada kategori “kurang sekali” sebesar 0% (0 wasit), “kurang” sebesar 30% (3 wasit), “cukup” sebesar 50% (5 wasit), “baik” sebesar 10% (1 wasit), dan “baik sekali” sebesar 10% (1 wasit).

Keywords


Knowledge and Understanding; Coaches; Athletes; Referees; Character; Fairplay; Football.

Full Text:

PDF

References


Adriyanto, N. R. (2020). Persepsi Sosial dan Upaya para Pelatih, Atlet, dan Wasit untuk Membangun Karakter Fairplay dalam Sepakbola di Kabupaten Gunungkidul. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ardianto, A. W. (2019). Persepsi pelatih sekolah sepakbola (SSB) di Daerah Istimewa Yogyakarta pada pendidikan karakter dalam olahraga. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Fungsi dan pengembangan pengukuran tes dan prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Chentini, S., & Russel, T. (2009). Buku pintar sepakbola. Jakarta: Inovasi. Darmawan, R & Putra, G. (2012). Jadi juara dengan sepak bola possession. Jakarta: KickOff Media-RD Books.

Harsono. (2015). Kepelatihan olahraga. (Teori dan metodologi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Herdiyana., & Prakoso. (2016). Pembelajaran pendidikan jasmani yang mengacu pada pembiasaan sikap fair play dan kepercayaan pada peserta didik. Jurnal Olahraga Prestasi, No 2 Volume 1.

Irianto, D. P. (2018). Dasar-dasar latihan olahraga untuk menjadi atlet juara. Bantul: Pohon Cemara.

Klan, G. (2007). Building character: strengthening the heart of good leadership. Market Street, San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Lutan, R. (2001). Mengajar pendidikan jasmani pendekatan pendidikan gerak di Sekolah Dasar: Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga: Depdiknas.

Luxbacher, J. (2011). Sepak bola. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Mylsidayu. (2014). Psikologi olahraga. Jakarta: Bumi Aksara.

Milsydayu, A., & Kurniawan, F. (2015). Ilmu kepelatihan dasar. Bandung: Alfabeta.

Muhdhor, Z. A. H. (2013). menjadi pemain sepakbola profesional. teknik, strategi, taktik menyerang & bertahan. Jakarta: Kata Pena.

Nurcahyo, F., Setiawan, C., & Anwar, M. H. (2020). Social perception and effort of sport people to build fairplay character in football: A situation analysis study in football match in special region of Yogyakarta province area. Proceedings of the 3rd Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science in Conjunction with the 2nd Conference on Interdisciplinary Approach in Sports, 485–493.

Praca, G. M., Soares.,V. V., Matias, da Costa, I.T., & Greco, P.J. (2015). Relationship between tactical and technical performance in youth soccer players. Rev Bras Cineantropom Desempenho Hum, 17(2), hlm. 136-144.

Prawira, R. R. Z., & Tribinuka, T. (2016). Pembinaan pemain muda melalui akademi sepak bola. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 5, No.2, 2337-3520.

PSSI. (2017). Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia. Jakarta Selatan: Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

Satiadarma, P. M. (2000). Dasar-dasar psikologi olahraga. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

Scheunemann, T. (2012). Kurikulum & Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia untuk Usia Dini (u5-u12), Usia Muda (u13-u20) & Senior. Jakarta: PSSI.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: CV Lubuk Agung.

Thoha, M. (2010). Perilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Triyono. (2019). Persepsi sosial pelatih, atlet dan wasit untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Sleman. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Weinberg, R. S., & Gould, D. (2010). Foundations of sport and exercise psychology. Champaign, Illinois: Human Kinetics.

Wibowo, Y. A., & Andriyani, F. (2015). Pengembangan ekstrakurikuler olahraga sekolah. Yogyakarta: UNY Press.

Ziółkowski, A., Sakłak, W., & Włodarczy, P. (2009). Selected socio-educational and personal aspects of conditioning attitudes of fair play in sport. Academy of Physical Education and Sport in Gdansk, 134-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dadang Warta Candra Wira Kusuma, Muhammad Salabi, Ismail Marzuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.