PENGARUH PERPUSTAKAAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN DAN MINAT BACA SISWA SMA NEGERI 1 PLAMPANG

Sumiati Sumiati, Suparman Suparman, Supriyadi Supriyadi

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian berkaitan dengan pengaruh perpustakaan digital terhadap kunjungan dan minat baca siswa di SMAN 1 Plampang. Tujuan penelitian ini adalah  Menjelaskan model perpustakaan digital, menganalisis pengaruh perpustakaan digital terhadap peningkatan kunjungan dan minat baca siswa.

Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method)  dengan design Concurrent Embedded Design. Populasi 140 siswa dan sampel berjumlah 33 siswa. Tehnik pengumpulan yaitu observasi, angket.

Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut: Pengaruh  perpustakaan digital di sekolah SMAN 1plampang tergolong baik, Rerata skor adalah 87,7, rerata skor pengunjung perpustakaan adalah 62,72 setiap bulannya meningkat, rerata skor minat baca tinggi dengan rerata 88.8. Perpustakaan digital  berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kunjungan dan minat baca siswa. signifikasi diukur dari nilai 0.382 lebih besar dari 0,05. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Saran penelitian adalah pengelola perpustakaan digital untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan, tercipta perpustakaan digital yang nyaman untuk dikunjungi bagi para pemustaka di SMAN 1 Plampang.

 

Kata kunci: perpustakaan digital, kunjungan, minat baca

English translation. 


Keywords


perpustakaan digital, kunjungan, minat baca

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SUMIATI SUMIATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.