PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL PBL PADA SISIWA KELAS XII MM MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 1 PLAMPANG

ratna ratna

Abstract


ABSTRAK

Mata pelajaran PPKn merupakan mata pelajaran yang tidak terlalu disenangi oleh siswa, menurut observasi siswa tidak menyukai pelajaran PPKn karena terlalu banyak teori, materinya tidak mudah dipahami, dan sering guru menyuruh mencatat dan kemudian dihapal sehingga peneliti memiliki keinginan untuk menerapkan model pembelajaran PBL didalam proses belajar mengajar pada siswa SMKN 1 Plampang sebagai salah satu dari sekian sekolah menegah kejuruan yang ada di kabupaten Sumbawa perlu penerapan model PBL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method Research dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode uji rubrik melalui SPSS 22 for Windows. Sumber data dalam penelitian ini, siswa kelas XII MM SMKN 1 Plampang Tahun 2022/2023 dengan jumlah Populasi 28 Siswa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Penerapan Model PBL Pada Mata Pelajaran PPKN Di SMKN 1 Plampang bahwa Keterampilan Berpikir Kritis Siswa berpengaruh positif dan signifikan dengan diterapkannya Penerapan Model PBL Pada Mata Pelajaran PPKN di Smkn 1 Plampang pada siswa kelas XII MM pada mata pelajaran PPKN dengan materi Good Governance (pemerintahan yang baik) melalui uji rubrik. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan memaksimalkan Peran dan strategi Guru dan Ada faktor pendukung serta faktor penghambat yang mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis siswa kelas XII MM. Namun tidak terlalu signifikan sehingga bukan menjadi kendala yang riskan terhadap meningkatkan kemampuan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XII di SMKN 1 Plampang dengan mengacu pada kurikulum K13 Revisi tahun ajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Keterampilan berfikir kritis, PBL, dan PPKN

 


Keywords


ata Kunci: Keterampilan berfikir kritis, PBL, dan PPKN

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ratna ratna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.