STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI IMAM NAWAWI SCHOOL (INIS) CIOMAS TAHUN AJARAN 2021/2022

Abdul Rohman, Muthoifin Muthoifin, Mohamad Ali

Abstract


Sosok pemimpin dalam sebuah lembaga memiliki peran yang sangat penting. Kepala sekolah merupakan sosok yang diberi tugas dan tanggung jawab mengelola, menghimpun, dan menggerakkan seluruh potensi sekolah secara optimal. Di antara langkah yang harus Kepala Sekolah ambil adalah dengan menjadikannya sosok Kepala Sekolah yang memiliki strategi jitu, yang akan meningkatkan kualitas ataupun mutu pendidikan dalam lembaganya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan historis dan sosiologis. Dimana pendekatan historis untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Imam Nawawi School (INIS) Ciomas. Adapun pendekatan sosiologis untuk mengetahui kendala apa saja yang didapatkan dalam proses perealisasian strategi yang dibuat oleh Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan atau verifikasi. Adapun pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Imam Nawawi School (INIS) Ciomas menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Kepala Sekolah dalam meningkatan kualitas pendidikan di INIS Ciomas adalah dengan menyusun dan merencanakan kurikulum mandiri, peningkatan kualitas SDM, membangun sinergi dengan orang tua siswa, melakukan supervisi dan observasi secara rutin di kelas, dan melakukan evaluasi secara rutin di setiap pekan. Adapun penunjang strategi kualitas pendidikan yang lain dengan membuat sekolah berkarakter yang menjadi ciri utama dan budaya sekolah.


Keywords


strategi, kepala sekolah, kualitas pendidikan, Imam Nawawi School (INIS) Ciomas, dan penelitian kualitatif

Full Text:

PDF

References


Alayoubi, Mansour M. dkk. (2020). Strategic Leadership Practices and their Relationship to Improving the Quality of Educational Service in Palestinian Universities. International Journal of Bussiness Marketing and Management (IJBMM). 2020. Vol. 5

Ali, Mohammad. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo,.

Amãl, Ijrãwi dkk. (2016). دور مديري المدارس الإبتدائية في تحقيق الجودة التعليمية. Jijel: Universitas Muhammad As Shiddiq bin Yahya,.

Andang. (2017). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media,.

Anggito, Albi, dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak,.

Banun, Sri dkk. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Pascasarjana Universitas Syah Kuala. Vol. 4,.

Banun, Sri dkk. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Pascasarjana Universitas Syah Kuala. Vol. 4,.

Dilas, D. B., dkk. (published March 21, 2019). Education in Indonesia, Diakses pada tanggal 9 Juni 2022 melalui: https://wenr.wes.org/2019/03/education-in-indonesia-2,.

Euis Karwati & Donni Juni Preansa, (2016), Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah “Membangun Sekolah yang Bermutu”, Bandung, Alfabeta

Fery Akhyar. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2016/2017. Tesis, Surakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayah, Nurul. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,.

KAO, Cau-Yuan (Brandon). (2009). Grade A Taipei Junior High School Principals’ Self-Reported Leadership Practices. Australia: Quennsland University of Technology,.

Latif, Muhammad Nur. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Islam (Studi Kasus di MI Muhammadiyah Pilang dan SD Muhammadiyah Terpadu Masaran Seragen Tahun Ajaran 2019/2020), , (Naskah Publikasi, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UMS, 2020).

Mia Noprika dkk. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. (Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam). Vol. 2 No. 2

Mulyasa. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara,.

Nata, Abudin. (2012). Manajemen Pendidikan “Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia”. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup,.

Nurasiah dkk. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SD Negeri 1 Peukan Banda Aceh Besar. Banda Aceh: Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala,.

Nuryani. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Situs SMP N 3 Ungaran, (Naskah Publikasi, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan UMS, 2013).

Sobron, Sudarno dkk. (2019). Pedoman Penulisan Tesis MPAI dan MHES. Surakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta,.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumiati, Sri (2022), Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sma Negeri 1 Jonggat Dan Man 2 Lombok Tengah Tahun 2021, Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Vol. 8, No. 4, DOI: 10.36312/jime.v8i4.3963/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME

Syaiful Sagala (2017) , Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung, Alfabeta

The World Bank. Indonesia (2021). Diakses pada tanggal 15 Januari 2023 melalui: https://data.worldbank.org/country/indonesia

UNDP Human Development Report of Indonesia. Diakses pada tanggal 12 Mei 2021 melalui http://hdr.undp.org/en/countries/profiles/IDN

UU RI No. 20 tahun 2003 Pasal 3

Ya’cub, Mihidaty dkk. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Pengembangan Sarana Prasarana. (Muhaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2021). Vol. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.