EVALUASI PROGRAM SCIENCE CLASS DI SMA KATOLIK FRATERAN SURABAYA

Agustinus Bere

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis (1) konteks yang ada dalam program science class Ditinjau dari kebutuhan program dan tujuan program, (2) agar dapat menganalisis masukan (input) yang ada dalam program science class ditinjau dari sumber daya manusia, kurikulum, saran dan prasarana pendukung, sumber dana dan berbagai prosedur dan aturan yang diperlukan (3)  menganalisis roses pelaksanaan program science class di SMA Katolik Frateran Surabaya ditinjau dari lama program, pelaksanaan, monitoring, serta penilaian. (4) product yang telah dicapai dari pelaksanaan program science class di SM Katolik Fateran Surabaya ditinjau dari nilai program. (5) outcome yang telah dicapai dari pelaksanaan program science class di SMAK Frateran Surabaya ditinjau dari kiprah lulusan di Pendidikan lanjutan dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan kondensasi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan untuk validasi data, peneliti menggunakan kredibilitas standar kebenaran data dan teknik trianggulasi. Hasil penelitian evaluasi program science class di SMA Katolik frateran surabaya mengungkapkan temuan sebagai berikut; tingkat ketuntasan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimim) yang diperoleh peserta didik Science Class sangat baik. Presentase ketuntasan 83% dan persentase yang belum mencapai ketuntasan 17%, hasil ini diperoleh karena system manjament kepemimpinan yang mengontrol dan mengevaluasi program secara berkelanjutan. Kepemimpinan yang baik dari kepala sekolah berperan penting untuk meningkatan dan pengembangan mutu, selain itu system pengukung lainnya baik guru, sarana-prasarana dan kemampuan SDM saling berintregrasi dengan baik. System management dan kebijakan pemimpin akan menentukan arah pengembangan sekolah dan sangat berpengaruh pada program science class, dan mempertahankan program tersebut.

Keywords


evaluasi, program, science class

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2017). Manajemen mutu pendidikan di sekolah peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190-198.

Alfons, N. (2015). Perbedaan kompetensi interpersonal antara siswa kelas akselerasi dan siswa kelas reguler di SMP Negeri 9 Ambon. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Alkin, M. C. (1969). Evaluation Theory Development. Evaluation Comment, 2, 2-7.

Ananda, R., & Tien R. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan:

Perdana Publishing.

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

BumiAksara. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. (2008). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Cetakan II. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali & Pudji, M. (2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Jody L. F., James R. S., & Blaine R. W. (2004). Program Evaluation: Alternative

Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson Education, Inc.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-

Ta’dib, 6(1), 111-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agustinus Bere

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.