Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD

Mitha Ayu Mawardhani, Anggra Lita Sandra Dewi, Endang Wahju Andjariani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami siswa yang mudah bosan dan kesulitan memahami ketika guru menyampaikan materi. Sehingga pembelajaran melalui sarana bermain memungkinkan siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya penggunaan media. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan pembelajaran crossword puzzle. (2) mengetahui jawaban siswa ketika menggunakan teka-teki silang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, maka penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group design. materi yang dipelajari terkait peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan RI yang melibatkan 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes pembelajaran (pendahuluan dan akhir), rata-rata skor awal yang diperoleh kelas kontrol adalah 53,00 dan skor akhir mencapai 71,50, pada kelas eksperimen skor rata-rata awal adalah 58,75 dan skor akhir adalah 82,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, hal ini disebabkan adanya pengaruh penggunaan alat peraga crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa. Selain rata-rata skor respon siswa diperoleh 18,8 dengan proporsi 94%, respon siswa terhadap penggunaan materi pembelajaran Crosword Puzzle pada materi peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan RI sudah sangat baik, sehingga materi pembelajaran Crossword Puzzle telah menjadi media yang mudah digunakan, mudah dipahami, menyenangkan dan sangat menarik.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami siswa yang mudah bosan dan kesulitan memahami ketika guru menyampaikan materi. Sehingga pembelajaran melalui sarana bermain memungkinkan siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya penggunaan media. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi hasil belajar siswa dalam penggunaan bahan pembelajaran crossword puzzle. (2) mengetahui jawaban siswa ketika menggunakan teka-teki silang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, maka penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group design. materi yang dipelajari terkait peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan RI yang melibatkan 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes pembelajaran (pendahuluan dan akhir), rata-rata skor awal yang diperoleh kelas kontrol adalah 53,00 dan skor akhir mencapai 71,50, pada kelas eksperimen skor rata-rata awal adalah 58,75 dan skor akhir adalah 82,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, hal ini disebabkan adanya pengaruh penggunaan alat peraga crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa. Selain rata-rata skor respon siswa diperoleh 18,8 dengan proporsi 94%, respon siswa terhadap penggunaan materi pembelajaran Crosword Puzzle pada materi peristiwa nasional seputar proklamasi kemerdekaan RI sudah sangat baik, sehingga materi pembelajaran Crossword Puzzle telah menjadi media yang mudah digunakan, mudah dipahami, menyenangkan dan sangat menarik.


Keywords


Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Apriyani, E. (2018). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas v di mi azizan palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah. Palembang.

Astutik, Fidiana dan. Sri Hartini, (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Tekateki Silang) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD 3 Temulus Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta.

Dewi, AS. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema Hebatnya Cita-citaku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Persada : Kajian Ilmu Pendidikan Dasar, STKIP PGRI Sidoarjo.Vol.1, No.1, DOI : http://jurnal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/

Dewi, AS &Mubarokah , L, (2019). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar ips materi keragaman kenampakan alam dan buatan indonesia pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan ELSE (Elementary School Education Journal) vol.3 No.2 DOI : http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i2.3223

Dewi, Galuh K. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD. Jurnal Persada: Kajian Ilmu Pendidikan Dasar.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Khalilullah, M. 2012. “Permainan Teka-Teki Silang Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat)”. Jurnal Pemikiran Islam Vol.37, No.1: 15-25 DOI : http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.309

Mardhatillah, M., & Tanjung, HS. (2018). Pengaruh penerapan metode crossword puzzle terhadap keterampilan sosial pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia siswa kelas v sd negeri suak pandan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5 No. 2 DOI : https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/211

Winarsunu, Tulus. 2012. Statistik dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang:Umm Press

Zamzani, B. Nur (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V sd negeri kalukuang kecamatan barombong kabupaten gowa. Skrisi. Makasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mitha Ayu Mawardhani, Anggra Lita Sandra Dewi, Endang Wahju Andjariani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.