Peningkatan Hasil Belajar Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDK Kateri Kabupaten Malaka

Andriyani Afliyanti Dua Lehan

Abstract


Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang berjumlah 19 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan meliputi instrument tes kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana, pedoman observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dapat meningkatkan kemempuan membaca nyaring kalimat sederhana pada siswa kelas I di SDK Kateri Kabupaten Malaka. Peningkatan kemempuan membaca nyaring kalimat sederhana pada pasca tindakan I peningkatan sebesar 47% dengan nilai awal 60,52 menjadi 73,02. Sedangkan kemampuan membaca nyaring kalimat sederhana pada pasca tindakan II peningkatan sebesar 26,47% dengan nilai awal 73,02 menjadi 81,57. Peningkatan terjadi dikarenakan saat mengikuti kegiatan pembelajaran siswa ikut berpartisipasi dan aktif dalam kegiatan pembelajaran membaca dengan metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) ditunjukan dengan anak menyelesaikan tugas berupa membaca teks kalimat sederhana yang guru sediakan.


Keywords


Membaca Nyaring Kalimat Sederhana, Metode Struktur Analitik Sintetik

Full Text:

PDF

References


Abdul Wachid & Heru Kurniawan, (2013). Kemahiran Berbahasa Indonesia, Purwokerto: Kaldera Press.

Adipta, Hendra, dkk. (2016). “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD”. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan.1(5): 989-992.

Aminah, Siti, (2018). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Andriani, Septi dan Elhefni. 2015. “Pembelajara Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III Madrasah Intidaiyah Quraniah VIII Palembang)”. (1): 153-165

Arikunto, Suharsimi, (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, (2013). Ketrampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman, (2014). Keterampilan Membaca, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional, (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Keempat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, Kd. J. K., dkk. (2014). Penggunaan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri 7 Bungkulan. Jurnal: eJournal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1: 85-95.

Faizah, Umi. (2009). “Keefektifan Cerita Bergambar Untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Cakrawala Pendidikan. 28(3): 249-256

Falahudin, Iwan. 2014. “Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran”. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4): 114-116.

Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal: Auladuna, Vol. 1 No. 2: 190-200.

Hayati sri, (2017). belajar dan pembelajaran berbasis Cooperative Learning, Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andriyani Afliyanti Dua Lehan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.