Korelasi Komunikasi Intrapersonal Dengan Kecerdasan Adversitas Mahasiswa Perantau Di Universitas Ichsan Gorontalo

Anisa Wulandari Uno, Andi Subhan, Ramansyah Ramansyah, Dwi Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi komunikasi intrapersonal dengan kecerdasan adversitas mahasiswa perantau di Universitas Ichsan Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menerapkan metode analisis korelasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara komunikasi intrapersonal dengan kecerdasan adversitas mahasiswa perantau di Universitas Ichsan Gorontalo. Hasil itu dibuktikan dengan korelasi komunikasi intrapersonal (variabel X) dengankecerdasan adversitas (variabel Y) dengan nilai statistik yang dikategorikan kuat.

 

 


Keywords


komunikasi interpersonal, kecerdasan adversitas, mahasiswa perantau

Full Text:

PDF

References


Fatwana, Nurulia (2018) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Adversity Quotient (AQ) Pada Mahasiswa Perantau Di Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Skripsi/Thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Fitriany, Rany (2008). Hubungan Adversity Quotient dengan Penyesuaian Diri Sosial pada Mahasiswa Perantauan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Perez & Ruz. (2014) Intrapersonal Intelligence and Motivation in Language. Learning European Scientific Journal, ESC, 10(17)

Prihantoro, A. (2014). Mendikbud Akui PTN Belum Tersebar Merata. Dipetik pada 11 Maret 2022 dari antaranews.com/berita/459504/mendikbud-akui-ptn-belum- tersebar-merata.

Primasari, W. (2014). “Pengelolaan Kecemasan dan Ketidakpastian Diri dalam Berkomunikasi Studi Kasus Mahasiswa Perantau UNISMA Bekasi”.

Ridho. (2016). Hubungan Adversity Quotient dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi Intra (BEMFA). Fakultas Psikologi: UMM.

Saniskoro, B. S., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 96-97.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Stoltz, Paul G. (2007). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Grasindo.

Wijaya, H. A. (2019). Hubungan antara Self Efficacy dengan Adversity Quotient pada Mahasiswa Perantauan. Skripsi/Thesis. Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang.

Wood, Julia. T. (2012). Komunikasi: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i2.5105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisa Wulandari Uno, Andi Subhan, Ramansyah Ramansyah, Dwi Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.