Kebijakan Pemerintahan Terhadap Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila

Faizah Naily

Abstract


Hal yang menjadi persoalan dari kebijakan pendidikan karakter berbasis Pancasila adalah belum adanya sinkronisasi antara program yang dicanangkan pemerintah dengan realita yang terjadi di dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengatahui bagaimana implementasi pendidikan karakter yang berlandaskan Pancasila beserta dampaknya terhadap keberlangsungan pendidikan saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan metodologi kualitatif-kritis, dengan mencari dan megumpulkan informasi atau referensi dari buku, makalah atau jurnal yang selanjutnya akan dipilih dan dianalisis secara kritis. Hasil dari penelitian ini adalah penekanan terhadap keimanan peserta didik, dikarenakan hal tersebut merupakan landasan utama dalam berbuat, yang sudah tertera juga di sila pertama dan pasal 31 ayat C UUD 1945. Dampak yang terjadi adalah menjadikan pendidik harus lebih menitik fokuskan pendidikan kepada peserta didik, karena hal yang terjadi hari ini adalah para pendidik lebih sibuk dengan mengurus administrasi sekolah dan menjadikan pendidikan hanyalah sekedar transfer of knowledge.


Full Text:

PDF

References


Amintas, W., Mayang, S., & Jalaluddin. (2020). Peguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah AQUINAS, III(I).

Anwar, K., & Kompri. (2017). Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia (Dahulu, Kini dan Masa Depan). Pusaka.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Husaini, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Ta’dib. Tsaqafah, 9(2).

Husein, S. (2019). Pancasila Perspektif Al-Quran. https://www.kompasiana.com/saddamhusein0239/5ce4b84b6b07c55d450550d2/pancasila-perspektif-al-quran

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Samsul Arifin, B. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6(1).

Kusumawardani, F. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Pancasila. Urnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1).

Manullang, B., & Prayitno. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pembangungan Bangsa. Gramedia Widiasarana.

Meilani, E., Anggraeni, D., & Furi, Y. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Mukid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter dalam Alquran, Nuansa. 13(2).

Nur Aminah, A. (2020). Pendidikan Karakter Bertujuan Wujudkan Pelajar Pancasila. https://republika.co.id/berita/qjd8hb384/pendidikan-karakter-bertujuan-wujudkan-pelajar-pancasila

Nur Cahyani, E., Kemal, T., & Mahzura, Z. (2019). Manifesto Pendidikan Karakter Dan Feminisme.

Praswoto, A., Suyadi, & Sutrisno. (2021). Pendidikan Islam Unggul di Era Revolusi Industri 4.0 dan Merdeka Belajar. Kencana.

Putu Swandewi, L., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2).

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1).

Radino. (2022). Konsep Pendidikan Karakter dan Adab: Pemikiran Adian Husaini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2).

Rofi’I, A. (2018). Metode Rasulullah Dalam Pendidikan Karakter Perspektif Al-Quran. Institut PTIQ.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Tadzhib Akhlak.

Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). Visi dan Misi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://setjen.kemdikbud.go.id/hal-visi-dan-misi.html#

Suftandi, S., Yani Harjatanaya, T., & Adiprima, P. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sutrisno. (2021). Pendidikan Islam Berbagai Perspektif. Elmatera.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizah Naily

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.