Pengembangan Media Komatika (Komik Matematika) Pada Materi Pecahan Kelas 3 Di Mi Muhammadiyah 5 Surabaya

Firda Aisyah Yulia Rachman, Kunti Dian Ayu Afiani, Fajar Setiawan

Abstract


Penggunaan media pembelajaran tidak semata – mata dilihat dari kecanggihannya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan perencanaanya dalam membantu meningkatkan proses pengajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media komik pada pembelajaran matematika materi pecahan menggunakan media Komatika bagi siswa kelas III Sekolah Dasar, untuk mengetahui validitas kepraktisan, dan keefektifan media Komatika dalam materi pembelajaran pecahan kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Developmen (R&D). Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media komik matematika yang telah dikembangkan peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran melalui 5 tahapan proses model ADDIE. Respons guru dari media komik matematika yang akan dikembangkan pada penelitian ini direspons dengan baik. Dapat disimpulkan komik matematika valid, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan kelas III di Tingkat sekolah Dasar.

Keywords


Pengembangan, Komik, Matematika, Pecahan

Full Text:

PDF

References


Afiani, K. D. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd Pada Materi Sudut. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 51–57.

Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2022). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Iii Di Sekolah Dasar Surabaya Materi Pecahan Berbantu Media Folding Paper. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(1), 89–97.

Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas Iii Sd Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. Else (Elementary School Education Journal), 1(1), 38–47.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran (Dimyati & Mudjiono (Ed.); Cet 5). Rineka Cipta.

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052.

Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 57–68.

Pribadi, A Benny, R. (Ed.). (2009). Model - Model Desain Sistem Pembelajaran (Pertama). Dian Rakyat.

Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan Media Komik Dengan Metode Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas Iv. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60–70.

Rohani, A., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295.

Rokhmawan, T. (Ed.). (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d : Teori Dan Praktek. Lembaga Academic & Research Intitute.

Setiawan, F. (2019). Pengembangan Media Delima (Denah Lingkungan Rumah) Pada Subtema Bermain Di Lingkungan Rumah Untuk Sekolah Dasar. Pengembangan Media Delima (Denah Lingkungan Rumah) Pada Subtema Bermain Di Lingkungan Rumah Untuk Sekolah Dasar, 7(2), 151–156.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 2(1).

Sudjana, N. (Ed.). (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cet15 Ed.). Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Sutopo (Ed.); Aflabeta). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firda Aisyah Yulia Rachman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.