Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Sikap Religius Pada Siswa Di Smk Negeri 7 Jakarta Timur

Hanjany Indy Mutiarawati, Dinil Abrar Sulthani

Abstract


Intensitas membaca Al-Qur’an ialah suatu keadaan yang dipenuhi dengan semangat dan kerutinan dalam pemahaman, pengejaan, pelafalan, dan pengkajian Al-Qur'an dalam upaya mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa di sini membaca Al-Qur'an secara intens dengan bimbingan dan pengawasan guru di sekolah. Seperti yang kita ketahui, membaca Al-Qur'an sendiri akan ketenangan hati dan ketentraman jiwa di setiap bacaanya.

Metode penelitian ini menggunakan metode descriptive analytic correlation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap sikap religius pada siswa di SMK Negeri 7 Jakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, metode penarikan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, dengan jumlah responden 38 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari segi uji koefisien Product Moment menghasilkan “rxy” atau “ro” sebesar 0,647, sedangkan “rt” pada taraf signifikan 5% = 0,271 dan taraf signifikan 1% = 0,332. Dengan demikian hipotesis nihil atau Ho ditolak dan hipotesis alternative atau Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap sikap religius siswa. Hal ini membuktikan bahwa semakin rutin membaca Al-Qur’an di lakukan maka semakin meningkat pula sikap religius siswa.

Keywords


Intensity Reading Al-Qur’an Religious Attitudes

Full Text:

PDF

References


Agustin, A. G. (2003). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. ARGA.

Azhar, K., & Izzah, S. (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di MI Kabupaten Demak. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2), 73–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i2.625

Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (Cet.2). Rajawali.

Cholil, A.-U. A. (2014). Dahsyatnya Al- Qur,an : Al-Qur’anul Karim menjadi petunjuk dan solusi bagi umat manusia dalam mengarungi samudera kehidupan. AMP Press.

Dwi, R. (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP IT IQRA’ Kota Bengkulu.

Harahap, A. S. (2018). Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah, 15(1), 13–20.

Hasrul, H. (2022). Model Intervensi Konseling Religius Terhadap Peningkatan Sikap Religius Remaja Sebagai Pelajar Pancasila: Suatu Kerangka Konseptual. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1796. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6622

Jalaluddin. (2008). Psikologi Agama Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. PT Raja Grafindo Persada.

Kuswoyo. (2021). Pengantar Studi Ilmu-ilmu Al-Qur‘an (M. Nasrudin (ed.)). Penerbit NEM.

Mardan. (2010). Al-Qur’an Sebuah Pengantar. Pustaka Mapan.

Muhsyanur. (2019). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif (A. Fauzi (ed.)). Uniprima Press.

Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Gramedia Pustaka Utama.

Said, A. J. M. (2018). Faktor Penguasaan Qira’at Al-Sab’ie Dalam Kalangan Pelajar Kelas Khas Membaca dan Menghafal Al-Qur’an (KKQ) Di Negeri Perak.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Uswatun, K. (2018). Adab Membaca Al-Qur’an dalam Kitab Attibyan Fii Adaabi Hamalatil Qur’an. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Zanki, H. A. (2021). Penanaman Religious Culture(Budaya Religius) di Lingkungan Madrasah (Abdul (ed.)). Penerbit Adab.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanjany Indy Mutiarawati, Dinil Abrar Sulthani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.