Pengaruh Penggunaan Fasilitas Sekolah Terhadap Proses Belajar Peserta Didik Studi Survey di Smk Bina Pangudi Luhur

Putri Syahira, Firdaus Suhaimy

Abstract


Fasilitas belajar adalah merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah. Sarana adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabotan yang secara langsung digunakan untuk proses pendidikan di sekolah, meliputi gedung, ruang belajar/kelas, media belajar, meja dan kursi.Fasilitas pembelajaran sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan lancar, teratur, efektif dan efisien.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket. Teknik penentuan sampel menggunakan (sample random sampling) dengan penyebaran angket masing – masing 20 item untuk variable X (Fasilitas Sekolah) dan Variabel Y (Proses Belajar Peserta Didik).Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan perhitungan person product moment dan SPSS versi 25, dapat disimpulkan bahwa Pengaruh Penggunaan Fasilitas Sekolah Terhadap Proses Belajar Peserta Didik sebesar 0,619 atau 62% berada pada tingkat korelasinya sedang atau cukup.Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Sekolah berpengaruh terhadap Proses Belajar Peserta Didik . Dengan demikian, semakin baik  Penggunaan Fasilitas yang diterapkan maka semakin baik pula Proses belajar Peserta Didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


Baharuddin dan Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. AR-RUZZ MEDIA.

Barnawi.M.Arifin. (2018). Mengelola Sekolah berbasis Entrepreneurship. Ar-Ruzz Media.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi . Rineka Cipta.

Sahrul, S., Prasetyo, I., & Utari, W. (2022). PENGARUH FASILITAS SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP MUHAMMADIYAH 3 BALIKPAPAN- KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Manajerial Bisnis, 5(3), 193–203. https://doi.org/10.37504/jmb.v5i3.461

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakaraya.

Yatim Riyanto. (2010). Metodologi penelitian pendidikan : suatu tinjauan dasar. SIC.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Firdaus Suhaimy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.