Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 SDN Janti

Aura Cahyaningtyas, Innany Mukhlishina

Abstract


Tujuan dari proyek ini adalah pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan yang efektif untuk peserta didik kelas 1 di SDN Janti. Model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) digunakan dalam pengembangan ini. Untuk mengidentifikasi kendala dan tuntutan peserta didik pada tahap awal pembelajaran membaca permulaan, dilakukan analisis kebutuhan. Berdasarkan kajian ini, LKPD dirancang dengan metodologi pembelajaran yang tepat dan berbagai kegiatan yang membantu pemahaman konsep dan diferensiasi pembelajaran dalam pikiran. LKPD kemudian digunakan pada pembelajaran kelas 1 SD Negeri Janti. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan hasil evaluasi saat pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan deskripsi kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD dalam pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik, pemahaman konseptual, dan keterampilan membaca permulaan. Penggunaan LKPD meningkatkan minat dan keinginan peserta didik dalam belajar. Selain itu, rangkaian kegiatan di LKPD mendorong pembelajaran mandiri dan diferensiasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD sebagai media pembelajaran membaca permulaan diterima dengan baik oleh guru dan peserta didik serta berpotensi meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN 1 Janti. Perlunya memperhatikan desain dan pembuatan LKPD yang tepat untuk memungkinkan pembelajaran membaca permulaan yang efektif di kelas 1 sekolah dasar merupakan implikasi dari penelitian ini.


Keywords


Development Student Activity Sheets Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Daindo, I. (2023). Implementasi Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Regina Pacis Bajawa. Jurnal Citra Pendidikan (JCP).Volume 3 Nomor 1 Hal. 775-780.

Huduni, A., & Hamdian, A., & Nisa, K., (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Volume 7. Nomor 2.

Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di SD. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 8, No 1.

Prawiyogi, A., & Sa’diah, T., & Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. JURNAL BASICEDU. Volume 6 Nomor 5 Halaman 9223 – 9229.

Ramadhani, J., & Wulandari, B. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Melalui Pembela-jaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2.

Rohimah, R. D., Rabia, S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SD Muhammadiyah Aimas. Jurnal Papeda, Vol 5, No.1.

Yustikadewi, R., & Saputra, E. (2023). Pengembangan Media Video Story Telling pada Siklus Hidup Kelas IV SD. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Vol. 7, No. 1, , Hal. 9-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aura Cahyaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.