Students’ Perceptions of Utilizing the Tiktok Application as a Learning Resource in 12nd Class English Subjects at SMA Negeri 2 Painan

Aulia Ziqri, Abna Hidayati, Syafril Syafril, Eldarni Eldarni

Abstract


Di era globalisasi ini, sosial media dapat menjadi salah satu Sumber belajar yang populer. karena pengguna dapat mengakses konten belajar dari para ahli atau pengguna yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu.Setelah pandemi, sejumlah siswa juga sering memanfaatkan TikTok sebagai Sumber belajar karena konten – konten yang disajikan menghibur dan edukatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analisis deskriptif untuk menjawab pertanyaan Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan TikTok sebagai Sumber belajar. Analisis deskriptif bekerja dengan menggambarkan distrubusi data. Distribusi data yang dimaksudkan adalah pengukuran tendesi pusat pusat dan pengukuran bentuk. Teknik yang digunakan dalam statistik deskriptif pada penelitian ini adalah presentase, rata-rata, dan standar deviasi.bahwa persepsi peserta didik SMA Negeri 2 Painan terhadap pemanfaatan TikTok Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah sebesar 66%, hal itu berarti tanggapan menurut responden adalah Kuat, kriteria persentase tanggapan responden ada diantara 61-80%, maka hasilnya dinyatakan Kuat.Berdasarkan temuan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa TikTok telah menjadi alat yang signifikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Konten yang bervariasi dan kreatif di TikTok membantu siswa dalam memahami konsep dan memotivasi dalam belajar. Selain itu, pengajar diharapkan untuk lebih memperhatikan potensi penggunaan konten TikTok dalam strategi pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif.

Keywords


Persepsi Aplikasi TikTok Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Afnibar dan Fajhriani, “Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang”, Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Vol.11 (1) (2020).

Aldila Safitri, Anggi, Anissa Rahmadhany, and Irwansyah Irwansyah. “ Penerapan Teori Penetrasi Sosial Pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri Melalui TikTok Terhadap Penilaian Sosial”. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3, no. 1 (2021): 1–9.

Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (Vol. 431, Pp. 431-40)

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(2), 147-157

Barhomi, Choki, ‘Efectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guide by Activity eory on Student’s Knowledge Management’, Contenporary Educational Teknology, Vol 6 (3) (2015).

Bao, W. (2020). COVID-19 And Online Teaching In Higher Education : A Case Study Of Peking University. March, 113–115. Https://Doi.Org/10.1002/Hbe2.191

Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia”. Jurnal Publiciana 9, no. 1 (2016)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Cet.X; Bandung: Penerbit Alfabet, 2018.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004

Sudarono, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Depok: Rajawali Pers, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.5881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aulia Ziqri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.