Evaluation of the Literacy Program in ImprovingInterest in Reading in MAN 1 Lubuklinggau model

Robi'atul Adawiyah, Mardiah Astuti, Rabial Kanada

Abstract


Pendidikan mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, Dalam aktivitas pendidikan tidak terlepas dari belajar, Proses belajar dilakukan sedikit demi sedikit yang secara terus menerus serta dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hasil dari belajar sering digunakan untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami dengan apa yang sudah diajarkan atau di programkan. Untuk mengetahui hasil belajar apakah mengalami peningkatan atau tidak perlu dilakukan evaluasi yang dilakukan secara berkala. Oleh karenanya, dengan adanya permasalahan tersebut peneliti ingin meneliti tentang evaluasi program literasi dalam meningkatkan minat baca yang ada di MAN 1 Lubuklinggau. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni : (1) untuk mengetahui bagaimana  evaluasi program literasi dalam meningkatkan minat baca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau, (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam evaluasi program literasi dalam meningkatkan minat baca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam evaluasi program literasi yang ada di MAN 1 (Model) Lubuklinggau belum maksimal, sebab dalam tahap pelaksanaan program literasi yakni tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan juga tahap pembelajaran ditemui ada beberapa program yang tidak dijalankan. Faktor pendukung dalam program literasi adalah peran guru dan kepala sekolah serta ketersediaan fasilitas-fasilitas pendukung. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya minat baca pada siswa dan juga penggunaan hp yang berlebihan.

Keywords


Evaluasi, Minat, Baca, MAN 1

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghofar.(2020). Development of Islamic Thought on Multiple Perspectives, Jakarta : Gramedia.

Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 2 April 2023.

Anwar, Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Dirjendikdasmen, K. (2016). Panduan Umum Sekolah Dasar Rujukan.

Endraswara, S. (2006). Metode, teori, teknik penelitian kebudayaan. Pustaka Widyatama.

Faizal, Dewi Utama, (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar

Farida, Rahim.(2009).Pengajaran Membaca Di SD.Jakarta: Bum Aksara,

Gitaria, Rosa, dkk. (2018). Pembudayaan Kegemaran Membaca Melalui Gerakan Literasi Informasi”. Muara Dua: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Gronlund, N. E., dan Linn, R. L. (1990). Measurement And Evaluation In Teaching. New York: Allyn & Bacon- A Simon & Schuster Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i4.6041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 robi'atul adawiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.