PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI SDN 25 SANTI KOTA BIMA

Siti Syah Salam

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif di peroleh dari analis hasil observasi dan wawancara. Sedangkan pendekatan kuantitatif artinya suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menentukan keterangan yang ingin diketahui. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Santi Kota Bima semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 orang. Tempat penelitian adalah siswa kelas IV SDN 25 Santi Kota Bima semester genap tahun ajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas IV pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di SDN 25 Santi Kota Bima. hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) rata-rata nilai aktivitas belajar siswa siklus I 54,38% termasuk dalam kategori cukup aktif, sedangkan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa siklus II ialah sebesar 78,24% dan termasuk dalam kategori aktif. (2) kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,49, jumlah siswa yang tuntas 10 orang, jumlah siswa yang tidak tuntas 9 orang, dan presentase ketuntasan klasikal 52,63%, dan pada siklus I ini dapat dikategorikan dalam kategori tidak tuntas, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,58, jumlah siswa yang tuntas 17 orang, jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang, dan presentase ketuntasan klasikal 89,47%, dan pada siklus II ini dapat dikategorikan dalam kategori tuntas. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode diskusi materi pokok Bahasan Perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SDN 25 Santi Kota Bima.


Keywords


Metode Diskusi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. 2011. Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pedagogia. Vol.1(1) : 85-98.

Arikunto, S., 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Askara.

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyo, Agus (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Diva Press. Jogyakarta.

Hikmawati, C. R. 2013. Penerapan Strategi mind Map untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal PGSD. Vol. 1 (2) : 2.

Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Setianingsih, D. A. Ramadhan, dan Y. Gagaramusu. 2015. Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagian-bagian Tumbuhan melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada Siswa kelas IV SDN 02 Laantula Jaya Kec. Wita Ponda Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako. Vol. 3 (2) : 41.

Supria, dkk. 2009. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset.

Tanireja, Pujiati, Nyata. 2010. Penilaian Tindakan Kelas. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Syah Salam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.