Perbandingan Efektifitas Pelatihan Hands Only Cpr Pada Masyarakat Awam Dengan Metode Online Dan Tatap Muka Di Komunitas Surfer Lombok Barat

Imam Sahrir, Antoni Eka Fajar Maulana, Wahyu Cahyono, Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract


Dari riskesdas 2018 diketahui di Provinsi Nusa Tenggara Barat sendiri untuk data henti jantung tidak ada tercantum secara detail data untuk kejadian henti jantung, namun memiliki data untuk kasus penyakit jantung yang merupakan salah satu penyebab henti jantung, menurut pengelompokan usia henti jantung banyak terjadi pada usia 5-14 tahun yaitu dengan angka kejadian 4.128 jiwa, dan lebih banyak terjadi pada perempuan, dari keseluruhan karakteristik angka kejadian penyakit jantung di NTB sebanyak 21.308  (Riskesdas NTB, 2018). Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui perbandingan Efektifitas Pelatihan Hands Only CPR pada Masyarakat Awam dengan Metode Online dan Tatap Muka.

Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat awam anggota surfing lombok barat yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang dibagi mnejadi 2 kelompok pelatihan yaitu kelompok online dan offline dengan menggunakan teknik total sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperimental pre and post test without control group. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar Kuesioner pre dan post test. Analisa data menggunakan uji independent T-test.

Hasil ini menunjukan bahwa sebelum pelatihan dari 15 responden dengan metode tatap muka ada 12 responden masuk dalam kategori pengetahuan kurang dan 15 responden dengan metode daring 13 responden masuk dalam kategori pengetahuan kurang. Setelah diberikan pelatihan 14 responden berpengetahuan baik pada kelompok tatap muka, dan 11 responden berpengetahuan baik pada kelompok daring.

Ada perbedaan efektifitas pelatihan hands only CPR pada masyarakat awam dengan metode online dan tatap muka, metode yang lebih efektif adalah dengan mneggunakan metode tatap muka.


Keywords


Henti Jantung, Hand Only Cpr, Metode Pelatihan, Pengetahuan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/rehat.v3i2.4687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.