Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pai Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Dengan Metode Jigsaw

ST Saadiah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru banyak menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan pelajaran PAI Pada bab Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah. Sehingga studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah pada siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di SMPN 9 Kota Bima dengan subjek penelitian ini adalah sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 25 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan hasil sebagai berikut: siklus I prosentase prestasi belajar terdapat 13 peserta didik atau 32 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 27 peserta didik atau 68 % siswa yang tidak tuntas. Siklus II prosentase prestasi belajar terdapat 34 peserta didik atau 85 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 6 peserta didik atau 15 % siswa yang tidak tuntas. PTK ini dinyatakan berhasil.


Keywords


Prestasi belajar, Metode Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Arikuto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazarudin, Mgs. (2007). Manajemen Pembelajaran. Jogjakarta : Sukses Offset.

Nurfaizah, S. (2019). Efektivitas Metode Jigsaw Dan Belajar Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Di SMKN 1 Ciruas Dan SMK NU Ciruas Serang Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Husen, T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam materi Sholat Wajib dengan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas VII SMP Plus as Syafa’ah Pengkol kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 (doctoral dissertation, iain salatiga).

Ramadhan, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mawaris Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 230-250.

Soyomukti, Nurani. (2010). Teori-Teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon.

Saefuddin, Abdul Aziz. (2012) Ragam Metode Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Penedidikan Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. IX, No. 1. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Sutrisno, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Perbankan Syariah (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA)

Undang-undang Republik Indonesia Nomer. 20 Tahun. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Media Wacana Press.

Zein, Muhammad Ma'shum. (2006). Metodolagi Studi Huhkum Warisan Islam. Jakarta: Departemem Agama.




DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v7i2.3438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ST Saadiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.