HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN SMARTPHONE ADDICTION DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FKIP UNS YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Ameth Dhiyo Ammarus, Abdul Rahman, Yosafat Hermawan Trinugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan perilaku smartphone addiction dengan prokrastinasi akademik mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret angkatan 2018 yang sedang mengerjakan skripsi. Sebanyak 300 mahasiswa dari 10 program studi terpilih menjadi sampel penelitian dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil uji korelasi Rank Spearman pada penelitian ini didapatkan beberapa hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan keeratan hubungan antar variabel berada di kategori rendah ( Sig 0,000 < 0,005 ) dengan nilai koefisien korelasi sebesar (ρ = -0,385 ). (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara smartphone addiction terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa dengan keeratan hubungan antar variabel berada di kategori sedang ( Sig 0,000 < 0,05 ) dengan nilai koefisien korelasi sebesar (ρ = 0,468 ). Dari hasil uji analisis korelasi Rank Spearman tersebut maka hipotesis penelitian adalah H1 diterima sedangkan H0 ditolak. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan smartphone addiction terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa angkatan 2018 pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Sebelas Maret yang sedang mengerjakan skripsi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v7i2.3538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ameth Dhiyo Ammarus, Abdul Rahman, Yosafat Hermawan Trinugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala (p-issn: 2548-5555;e-issn:-) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.