PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN KEUANGAN DALAM TATA KELOLA KEUANGAN ALOKASI DANA DESA DI DESA KARUMBU KECAMATAN LANGGUDU KABUPATEN BIMA

Hartoyo Hartoyo

Abstract


Pengelolaan keuangan desa yang partisipatif dalam penggunaan dana Alokasi Dana Desa,berarti sejak tahap perencanaan,pelaksanaan,penatausahaan,pelapora dan pertanggugjawaban wajib melibatkan masyarakat, para pemangku kepentingan di desa serta masyarakat luas, utamanya kelompok marjinal sebagai penerima manfaat dari program/kegiatan pembangunan di desa.  Pelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif dan dilakukan kepada staf pemerintah desa, pengelola Alokasi Dana Desa, pengurus lembaga desa, masyarakat, dan kepala desa yang dijadikan sumber data. Sumber data ditentukan sebanyak 14 orang dari subyek penelitian. Instrumen pengumpul data adalah wawancara, observasi, dan pencatatan dokumentasi. Data diolah dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yakni: pertama, berdasarkan keempat sub fokus kaitan dengan prinsip partisipatif dalam pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa, hasilnya telah sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kedua, berdasarkan keempat indikator kaitan dengan fokus prinsip transparansi dalam  penggunaan Alokasi Dana Desa, hasilnya telah sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Beberapa saran diajukan sebagai berikut: pertama, walaupun penerapan prinsip partisipatif dalam pengelolaan dan penggunaan Alokasi Dana Desa, pelaksanaannya sudah berjalan sesuai dengan aturan penggunaan Alokasi Dana Desa, akan tetapi perlu terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang, minimal dipertahankan walaupun mempertahankan dianggap suatu kemunduran bahkan dinilai gagal karena waktu telah berubah. Kedua, walaupun penerapan prinsip transparansi dalam penggunaan Alokasi Dana Desa, pelaksanaannya sudah berjalan sesuai dengan aturan penggunaan Alokasi Dana Desa, akan tetapi perlu terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang, minimal dipertahankan, walaupun mempertahankan dianggap suatu kemunduran bahkan dinilai gagal karena waktu telah berubah.


Keywords


Prinsip, Manajemen Keuangan, Tata Kelola, dan Alokasi Dana Desa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2000, Manajemen Penelitian, Cetakan Kelima, Rineka Cipta, Jakarta.

Awang, Azam. 2010. Implementasi Pemberdayaan Pemerintah Desa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan, 2003, Metode Penelitian Kualitatif, Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Cetakan Kedua, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Creswell. 2008. Metode Penelitian. Jakarta. Sinar Jaya.

Danim, Sudarwan, 2002, Menjadi Peneliti Kualitatif, Cetakan I, Pustaka Setia, Bandung.

Djemari, Mardapi, 2004, Penelitian, Tes dan Pengukuran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Eko, Sutoro. 2007. Alokasi Dana Desa Cermin Komitmen Kabupaten/Kota pada Otonomi Desa. Yogyakarta: FPPD.

Fadhilah, Putra, 2003, Paradigma Kritis dalam Studi Kebijakan Publik dan Ruang Partisipasi dalam Proses Kebijakan Publik, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta.

Faisal, Sanapiah, 1995, Pengantar Penelitian, Rajawali Pers, Jakarta.

Hadi, Sutrisno, 1984, Statistik II, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Haris, Syamsuddin, Dkk., 2002, Desentralisasi, Demokratisasi dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI), Jakarta.

Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi (Editor), 2001, Reformasi Manajemen dalam Konteks Otonmi Daerah, Diterbitkan Atas Kerjsama Depdiknas, Bappenas-Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.

Mahsun, Mohamad, 2006, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE, Yogyakarta.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Cetakan Pertama, UI-Press, Jakarta.

Minarti, Sri. 2011. Managemen Bank: Mengelola Lembaga Keuangan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Mohammad, Ismail, dkk, 2004, Konsep dan Pengukuran Akuntabilitas, Universitas Trisakti, Jakarta

Moleong, Lexy J., 1999, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muhajir, Noeng, 1992, Metode Penelitian Kualitatif, Raka Sarasin, Yogyakarta.

Mulyasa, 2010, Manajemen Berbasis Bank. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Muninjaya, A.A. Gde, 1999, Manajemen Kesehatan, Penerbit Buku Kedokteran Jakarta.

Mustopadidjaja. AR. 2003. Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kinerja. Perum Percetakan Negara RI. Jakarta.

Nazir, Moh., 1999, Metode Penelitian, Cetakan Keempat, Ghalia Indonesia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hartoyo Hartoyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.