ANALISIS UNSUR KONDISI FISIK PEMAIN SEPAK BOLA MATARAM SOCCER AKADEMI NTB

Arif Yanuar Musrifin, Andi Anshari Bausad

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh evaluasi managemet dan pelatih club sepak bola Mataram Soccer Akademi NTB Tahun 2019, guna melihat sejauh  mana kualitas fisik pemain, khususnya kelompok Usia umur 14 tahun.  Pengukuran unsur kondisi fisik pemain dilaksanakan secara rutin sesuai dengan program latihan yang disusun oleh pelatih. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi fisik dominan pemain sepak bola Mataram Soccer Akademi NTB Tahun 2019 pada kelompok umur 14 tahun. Rancangan penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah semua pemain Mataram Soccer Akademi NTB kelompok umur 14 Tahun, dengan jumlah subyek penelitian 20 pemain atau menggunakan teknik studi populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistic deskriptif yaitu teknik mengelompokan data kedalam lima kategori norma tes kondisi fisik kemudian data yang telah dikelompokan dalam kategori  kriteria kemampuan dasar sepak bola dihitung persentase kondisi fisik pemain sepak bola. Kesimpulan Penelitian ini bahwa kondisi fisik pemain sepak bola Mataram Soccer Akademi NTB kelompok umur 14 Tahun pada tahun 2019 untuk unsur kondisi fisik Vo 2 Max dalam kategori sedang, kecepatan lari kategori sedang, kelincahan dalam kategori baik dan kemampuan power otot tungkai dalam kategori sedang.


Keywords


Analisis, Kondisi Fisik, Sepak Bola.

Full Text:

PDF

References


Arikunto.Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Denni, Suharjana, 2016. Pengaruh Metode Latihan Dan Vo2 Max Terhadap Dasar Sepak Bola . Jurnal Keolahragaan, Volume 4 – Nomor 2 (164-174). Universitas Negeri Yogyakarta, http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga

Harsono. (2001). Latihan Kondisi Fisik. Bandung: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan dan Budaya.

Haris Satria & Marja Desandra, 2016. Pengaruh Latihan Power Otot Tungkai Terhadap Peningkatan Tendangan Jarak Jauh Sepakbola. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi Vol.9 No.1, Juni 2016: 11-20.

Kemenegpora, 2015. Panduan Penetapan Parameter Tes Pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar dan Sekolah khusus olahragawan.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penerbit Erlangga.Jakarta.

Ramadhan, Herita, 2018. Model Latihan Sepak Bola. Jurnal pendidikan Jasmani dan Olahraga, Volume 17, Nomor 2. JPOK FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Sajoto. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Penggembangan Lembaga pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sucipto, dkk. 2000. Sepakbola. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. IKIP Yogyakarta.Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arif Yanuar Musrifin, Andi Anshari Bausad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.