Survei Kondisi Fisik Kelincahan Pemain Futsal Undikma

P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Abstract


Futsal menuntut kondisi fisik yang prima bagi para pemainnya. Kondisi fisik yang prima sangatlah menunjang penampilan seorang pemain. Penampilan fisik yang buruk tentunya akan berdampak buruk juga bagi penampilan teknik dan taktiknya. Persiapan fisik merupakan suatu hal yang penting dalam masa persiapan sebuah tim untuk mencapai prestasi yang optimal. Kampus UNDIKMA merupakan salah satu kampus swasta yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki fakultas olahraga dan kesehatan dan tempat pembinaan atlit futsal UNDIKMA. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan latihan futsal yang rutin. Melaui survei yang di lakukan setiap 3 bulan, tim futsal belum bisa konsisten untuk meraih prestasi di turnament futsal karena kondisi fisik kelincahan pemain belum merata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kondisi fisik kelincahan pemain futsal UNDIKMA. Sehingga dapat memastikan seberapa besar tingkat kelincahan para pemain dalam beberapa bulan berlatih. Dari hasil di atas kondisi fisik Kelincahan pemain futsal UNDIKMA dikategorikan masih di bawah rata rata, karena dari 15 jumlah pemain futsal hanya 1 orang yang kelincahannya di kategori baik dengan persentase 6,67%. 5 orang di kategori sedang dengan persentase 33,33%. 7 orang dengan kategori kurang dengan persentase 46,67% dan 2 orang dengan kategori kurang sekali dengan persentase 13,33%.

Keywords


Kelincahan, Futsal.

Full Text:

PDF

References


Andi Irawan. 2009. Teknik Dasar Modern futsal. Jakarta. Pena PundiAngkasa

Tenang, John D. 2008. Mahir Bermain Futsal. Bandung: DAR Mizan

Dangsina Moeloek & Arjadino Cokro. (1984). Kesehatan dan Olahraga. Jakarta: Fakultas. Kedokteran UI.

Sajoto. (1988). Pembinaan Kondisi fisik dalam olahraga. Jakarta: Depdikbud.

Diakses hari rabu tanggal 29 april 2020. https://materipenjasorkes.blogspot.com/2014/06/kelincahan-manfaat-dan-bentuk-bentuk.html




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v6i1.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 P. Muhammad Yusuf, Fadli Zainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.