Penerapan Multimedia Interaktif Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
(1) untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran model mind mapping mulasi dibandingkan dengan kelas konvensional dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (2) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan multimedia pembelajaran model mind mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu menganalisis gambaran yang terjadi pada saat dilakukan penelitian, yakni kajian terhadap penggunaan Model Pembelajaran mind mapping dengan multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar pendidikan agama islam, kedua penggunaan multiedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa, ketiga pembelajaran mind mapping dan penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
G. N. W. Astra, I. M. Suarjana, and I. I. W. Suwatra, “Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media video pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa IV gugus IV kecamatan Sukasada,” J. Mimb. PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 1, no. 1, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1399/1260.
S. Smith, K. Maund, T. Hilaire, T. Gajendran, J. Lyneham, and S. Geale, “Enhancing discipline specific skills using a virtual environment built with gaming technology,” Int. J. Work. Learn., vol. 21, no. 3, pp. 211–222, 2020.
C. A. Talib, H. Aliyu, A. M. A. Malik, K. H. Siang, I. Novopashenny, and M. Ali, “Sakai: A mobile learning platform,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 13, no. 11, pp. 95–110, 2019, doi: 10.3991/ijim.v13i11.10800.
Munir, “Multimedia (Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan,” p. 2015, 2015.
S. H. Mun et al., “Active learning using digital smart board to enhance primary school students’ learning,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 13, no. 7, pp. 4–16, 2019, doi: 10.3991/ijim.v13i07.10654.
M. A. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd. and M. P. I. Lilik Nur Kholidah, S, Pd., “Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” pp. 15–34, 2009, [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/1514/6/11410038_Bab_2.pdf.
W. M. Daher and N. F. Baya’a, “Learning Mathematics in an Authentic Mobile Environment: the Perceptions of Students,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 3, no. 0, pp. 6–14, 2009, doi: 10.3991/ijim.v3s1.813.
K. Reinhard and A. Gerloff, “Internationalizing cooperative education: Implementing the German DHBW model in Thailand and China,” Int. J. Work. Learn., vol. 21, no. 3, pp. 289–301, 2020.
J. Bidarra, M. Figueiredo, and C. Natálio, “Interactive design and gamification of ebooks for mobile and contextual learning,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 9, no. 3, pp. 24–32, 2015, doi: 10.3991/ijim.v9i3.4421.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung, 2012.
Arikunto, “Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.,” Jakarta PT. Asdi Mahasatya., p. 2006, 2006.
R. Sundaya, Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cip. Jakarta, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i1.1650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Erika - Nurazizah, Yeti - Nuraeni, Wahyudin - Wahyudin, Fitriyantiny - Fitriyantiny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.