Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif

Syahrir Syahrir

Abstract


Perangkat Pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas belum dilakukan perbaikan atau pengembangan sebelum digunakan dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu ahli menyatakan valid sesuai dengan teori, hasil ujicoba menyatakan praktis digunakan, dan efektif jika ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4-D yang dilakukan dengan 4 tahap utama yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) yang telah dimodifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi, dan  tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran pada Standar Kompetensi “Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya”. Berdasarkan pendapat para ahli perangkat pembelajaran berada dalam kategori valid, sedangkan berdasarkan hasil ujicoba pengembangan yang dilakukan di Kelas VIII SMP Darul Hikmah Mataram dan Kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram perangkat pembelajaran berada dalam kategori cukup praktis, dan efektif digunakan jika ditinjau dari kemampuan berfikir kreatif siswa.

Keywords


Perangkat Pembelajaran, Berfikir Kreatif

References


Erman Suherman, Turmudi, Didi Suryadi, et al. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : UPI

Martin Haracz. 2009. Convergent and Divergent Thinking. [Online] Tersedia: http://www.eruptingmind.com/convergent-divergent-creative-thinking/ diakses pada 28 januari 2013.

Saifudin Azwar. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Superfine, A.C. (2008). Planning for mathematics instruction: a model of experienced teachers’ planning processes in the context of a reform mathematics curriculum [Versi electronic]. Jurnal of The Mathematics Educator , 18, 11–22.

Syahrir, Elma Heliati. 2017. Analisis Mind Map Siswa Kelas VII.C SMPN 6 Kopang. JIME. Volume 3 Nomor 1. ISSN 2442-9511. Hal. 421-434.

Syahrir. 2012. Pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dan Teams game turnamen (TGT) terhadap motivasi Belajar dan Keterampilan matematika siswa SMP (studi eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ISBN : 978-979-16353-8-7. Hal. 827-838.

Syahrir. 2010. Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped

Utami Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v2i1.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.