PENGEMBANGAN EPISTEMOLOGI POSITIVISME DALAM MEMAHAMI KONSEP MENGHITUNG KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI MI MUHAMMADIYAH KEBUTUH KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

Khabib Khamaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran filsafat melalui epistemologi positivisme dalam memahami konsep menghitung keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Kebutuh, Kec. Bukateja Kab. Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, secara garis besar epistemologi positivisme dapat memberikan pemahaman pada metode ilmiah dan mendasarkan sesuatu pengetahuan atas prinsip verifikasi, khususnya pada materi menghitung keliling dan luas lingkaran. Mengingat matematika adalah ilmu pasti yang menghasilkan suatu pengetahuan yang mana manusia akan mempu menjelaskan realitas kehidupan tidak secara spekulatif, melainkan konkrit, pasti dan bisa jadi mutlak, teratur dan valid.


Keywords


Pengembangan Epistemologi Positivisme, Konsep Keliling Lingkaran, MI Muhammadiyah Kebutuh Purbalingga

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i2.2055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khabib Khamaludin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.