Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Sebagai Bahan Literasi Bahasa Berbasis Kelas serta Pengaruhnya terhadap Karakter Sosial dan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar
Abstract
ABSTRAK
Tulisan ini membahas kelayakan pengembangan bahan ajar digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa Sekolah Dasar. Kelayakan ini akan ditinjau dari dua hal, yaitu (1) hal-hal yang mendasari perlunya dilakukan penelitian; dan (2) hasil kajian teori yang mendukung penelitian. Di samping itu, juga disajikan alternatif rancangan penelitian dimaksud. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau studi literatur, yakni menggunakan metode metaanalisis. Data dikumpulkan melalui penelusuran jurnal elektronik melalui Google Scholar dengan kata kunci “bahan ajar digital”, “kearifan lokal”, dan “literasi bahasa”. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan disajikan dengan metode nonformal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kajian berupa penelitain dan pengembangan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa produktif siswa kelas V SD perlu dilakukan karena dua pertimbangan utama. Kedua pertimbangan dimaksud adalah (1) terdapat sejumlah fakta yang mendasari bahwa kajian ini layak dijadikan sebagai masalah penelitian, antara lain: (a) keharusan peserta didik untuk memeiliki kompetensi global berupa empati dan kemampuan berkomunikasi; (b) sistem pendidikan Indonesia masih belum berhasil melahirkan generasi berkarakter, cerdas, dan terampil; (c) keharusan untuk menggunakan teknologi dalam pendidikan; (d) belum efektifnya program literasi berbasis kelas di SD; dan (e) banyaknya hasil penelitian pengembangan berbasis teknologi yang telah berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran; dan (2) terdapat sejumlah hasil kajian teori yang juga memperkuat jika penelitian ini dilaksanakan, yakni teori tentang: (a) bahan ajar digital; (b) kearifan lokal; (c) literasi bahasa berbasis kelas; (d) karakter sosial; dan (e) keterampilan berbahasa. Di samping itu, juga diusulkan model penelitian dan pengembangan yang dapat digunakan, yaitu model R&D versi Borg dan Gall, yang terdiri atas 10 langkah pengembangan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abbas, Ersis Warmansyah. (2018). Penguatan Pendidikan IPS di Tengah Isu-isu Global (Prosiding Seminar Nasional). Banjar Masin: Prodi PIPS FKIP Univ. Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Arikunto, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Beers, C. S., Beers J. W., & Smith J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press
Brown, Susan. (2018). Best Practices in 21st Century Learning Environments: A Study of Two P21 Exemplar Schools. Brandman University, Irvine, California School of Education.https://digitalcommons.brandman.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1197&context=edd_dissertations
Chan, Faizal, Hendra Budiono, dan Panut Setiono. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar pada Materi Tumbuhan dan Bagian-bagiannya di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal). Vol. 3 No. 1 Februari 2019: 9 – 17;
Depdikbud. (2018). Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Dirjen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dick, Walter dan Carey, Lou (2005). The Systematic Design of Instruction. Palo Alto, California, Scott: Foreman and Company
Doğan, Yadigar dan Gönül Onur Sezer. (2010). A Study on Learning Environments of Elementary School Students Taking Social Studies Course: Bursa Sample. “World Conference on Educational Sciences” (Istanbul, Turkey, February 4-8, 2010). co-organized by the Bahcesehir University. Turkey: Devid Publishing
Faizah, D.U., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud
Borg, W.R & Gall, M.D. (1996). Edacational Research: An Introduction. New York: Longman.
Fadhilah, Nur and Dhea Adela. (2018). “Motivation in Social Science Learning in Digital Era: Case Study Of Multimedia Use.” SHEs: Conference Series 1 (1) (2018) 575-583.
Gall, Meredith D.Gall Joyce P. & Borg, Walter R. (2003). Educational Research An Introduction, Seventh Edition. Boston: Pearson Education Inc
International Literacy Association. (2016). Frameworks for literacy education reform [White paper]. Newark, DE: Author.
Ismail, Taufik. (2003). Agar Anak Bangsa Tak Rabun Membaca tak Pincang Mengarang. (Pidato Penganugerahan Gelar Kehormatan Doctor Honoris Causa di Bidang Pendidikan Sastra). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama
Keraf, G. (2018). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Wedatama Widyasastra.
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Bandung: Kencana.
Mabruri, Haeru; Farid Ahmadi, dan Tri Suminar. (2019). The Development of Science Mobile Learning Media to Improve Primary Students Learning Achievements. Journal of Primary Education. Vol. 8 (1), 2019: 108 – 116
Madona, A. Sri. (2017). “Design of Interactive Multimedia Based IPS Learning Module Using CTL Approach Based on Student Tendency Response in the Use of Learning Module in Grade IV.” ICES 2017: 627 – 632.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mahyudi, J., & Musaddat, S. (2008). Kearifan lokal yang tercermin pada istilah-istilah adat masyarakat Sasak di Lombok: laporan penelitian dosen muda. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan, LPPM Universitas Mataram.
Marhaeni, Anak Agung Istri Ngurah, I Komang Wahyu Wiguna, I Made Gunamantha, and Nyoman Dantes. (2018) Content and Context: A Children’s Book to Support Learning in the 2013 Curriculum. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 178. 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE 2018)
Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Bandung: Kencana.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1).
Rachmah, H. (2009). Kontribusi Kompetensi Guru, Proses dan Hasil Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. Disertasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Musaddat, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Mataram: Argapuji Press.
Musaddat, S. dan AAIN Marhaeni (2020). Keterlaksanaan Gerakan Literasi Bahasa Berbasis Kelas pada Jenjang Sekolah Dasar di Pulau Lombok: Peluang Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Upaya Optimalisasi. Mabasan 2 (Vol. 14 (2)), 143-160.
Nur, T., Sabara, H. Z., & Wekke, I. S. (2018). Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset. Deepublish.
Nurhayati, E.S. (2016). “Pengembangan Multimedia Interaktif Materi IPS Berbasis Inquiri Kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia” Tesis, tidak dipublikasikan. PPS Universitas Negeri Malang
Nurgiantoro, B. (2011). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Rachmah, H. (2009). Kontribusi Kompetensi Guru, Proses dan Hasil Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. Disertasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahyono, F.X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta : Aksara Baru.
Reimers, Fernando. (2019). "'Global Competency' Is Imperative for Global Success." The Chronicle of Higher Education, 30 Jan. 2009. General OneFile, http://link.galegroup.com/apps/doc/A192644104/GPS?u=ptn054&sid=GPS&xid=4163d96f. Accessed 21 Jan. 2019.
Result Prom PISA. (2015). Programe For International Student Assessment. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1054. Diakses tanggal 21 Januari 2019
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research. In Handbook of research on educational communications and technology (pp. 141-150). Springer, New York, NY.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1).
Setiawan, Debi Adis, Wahjoedi, Siti Malikhah Towaf. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 3 No. 9, 2018: 1133 – 1141;
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet
Suparno dan Muh. Yunus. (2017). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT
Tarigan, H.G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. (2011). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taryono. (1999). Berbicara dan Komponen-komponennya. Bandung: Angkasa
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Tim PLPG Unram. (2018). “Panduan Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran”. Mataram: Universitas Mataram
Wadi, Khairil. (2013). IPS SD Kelas Tinggi. Mataram: Program PPKHB Universitas Mataram
Wardani, I.G.A.K., dkk. (2017). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka
Wijayanti, Widya dan Stefanus Christian Relmasira. (2019). Pengembangan Media Power Point IPA untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (2) pp. 77-83
DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Syaiful Musaddat, Ni Ketut Suarni, Nyoman Dantes, Ida Bagus Putrayasa, Gede Rasben Dantes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.