PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN LUAR RUANGAN SEBAGAI PROSES PENDIDIKAN LINGKUNGAN

Muhammad Ali, Sri Wahyuni, Erwing Erwing

Abstract


Pendidikan lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa  terhadap permasalahan lingkungan. Salah satu metode pendidikan lingkungan di perguruan tinggi adalah outdoor learning yang mengutamakan pengembangan pengalaman mahasiswa untuk berinterkasi dengan alam. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi mahasiswa tentang penggunaan metode outdoor learning dalam pendidikan lingkungan. Persepsi adalah penilaian mahasiswa tentang manfaat outdoor learning untuk pengembangan kreativitas, pengembangan sikap, pengembangan perilaku, penguasaan materi, ketertarikan, komunikasi dosen dan mahasiswa, pengalaman belajar dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Kajian kami ini juga menguraikan capaian pembelajaran serta hubungannya dengan persepsi mahasiswa tentang outdoor learning. Penelitian ini merupakan  deskriptif survey dengan responden sebanyak 75 mahasiswa pendidikan guru biologi di Sulawesi Selatan. Pra eksperimen dilakukan dengan memberikan pembelajaran dengan model outdoor pada responden sebagai bagian dari pelaksanaan perkuliahan.  Peneliti selanjutnya menguji persepsi mereka melalui kuesioner. Capaian pembelajaran adalah penilaian pengetahuan dan sikap belajar yang ditunjukkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa menilai metode outdoor learning mengembangkan pengalaman belajar secara baik dan sebaliknya, pengembangan perilaku lingkungan dinilai sangat rendah dalam outdoor learning. Hasil analisis capaian pembelajaran menunjukkan bahwa mahasiswa pada umumnya memperoleh pengetahuan dan sikap belajar yang tinggi. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa dengan capaian pembelajaran.

Keywords


Prestasi belajar, Pengetahuan Lingkungan, sikap

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Ririn. 2019. “Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iv Di Sd Negeri 1 Way Halim Bandar Lampung.” Skripsi.

Ango, Mary L. 2002. “Mastery Of Science Process Skills And Their Effective Use In The Teaching Of Science : An Educology Of Science Education In The Nigerian Context.” International Journal Of Educology 16 (1): 1.

Armizah. 2019. “Efektifitas Metode Outdoor-Study Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Ix-D Mtsn 01 Kepahiang.” Journal Of Civic Education 2 (2): 23.

Husama. 2013. Pembelajaran Luar Kelas ( Outdoor Learning ), Prestasi Pustaka Raya.

Muslicha, Anisa. 2015. “Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar ( Studi Pada Sekolah Adiwiyata Di Dki Jakarta ).” Jurnal Pendidikan 16 (2): 112.

Otto, Siegmar, And Pamela Pensini. 2017. “Nature-Based Environmental Education Of Children : Environmental Knowledge And Connectedness To Nature , Together , Are Related To Ecological Behaviour.” Global Environmental Change 47 (December 2016): 89. Https://Doi.Org/10.1016/J.Gloenvcha.2017.09.009.

Purnomo, Agus. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Outdoor Terhadap Pengetahuan, Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang.” Pendidikan Geografi 20 (1): 37–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 sri wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.