Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Self-Efficacy Mahasiswa Pada Mata Kuliah Intermediate Writing Dengan Metode Self-Assessment

Annisah Annisah, Samsudin Samsudin, Waliyudin Waliyudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan self-afficacy mahasiswa dengan menggunakan metode penilaian self-assessment. Penelitian ini akan diterapkan pada mata kuliah Intermediate Writing. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one pretest dan posttest.   Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester II Program Studi pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima yang berjumlah satu kelas. Tahap penelitian dilakukan dalam 3 tahap yang mencakup; Tahap I: melakukan observasi dan wawancara, penyusunan instrument, penyusunan materi ajar, validasi instrument, uji coba instrument, menganalisis hasil uji coba instrument untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Tahap II: melakukan pretest, treatment, observasi, dan posttest. Tahap III: mengolah data hasil pretest, posttest, dan instrument lainnya, membandingkan hasil sebelum dan sesudah pemberian treatment, memberikan saran dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada penelitian adalah terjadi peningkatan kemampuan menulis dan self-efficacy mahasiswa pada mata kuliah Intermediate Writing. hasil pre-test menunjukkan nilai minimum yang diperoleh mahasiswa adalah 43 dan nilai maksimum adalah 65, sedangkan pada post test terjadi peningkatan yang cukup baik yaitu nilai minimum yang diperoleh mahasiswa adalah 75 dan nilai maksimum adalah 90.


Keywords


kemampuan menulis, self-efficacy, Intermediate Writing, self-assessment.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i4.2389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annisah Annisah, Samsudin Samsudin, Waliyudin Waliyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.