PENERAPAN MODEL ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sabrun Sabrun

Abstract


Pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah Mataram guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa terkesan kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yakni hasil belajar siswa masih sangat rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Rotating Trio Exchange yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram pada materi pokok bahasan lingkaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram yang terdiri dari 17 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, kegiatan siswa dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik hasil observasi maupun evaluasi, hal ini terlihat pada aktivitas guru yakni persentase kegiatan guru pada siklus I adalah 70,58%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,57%. Untuk kegiatan siswa yakni persentase kegiatan siswa pada siklus I adalah 61,11%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 81,24%. Pada hasil evaluasi siklus I diperoleh ketuntasan klasikal  adalah 64,70%, mengalami peningkatan pada siklus II yakni ketuntasan klasikal mencapai 88,23%. Ketuntasan tersebut telah memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal yakni 85%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menerapkan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram pada materi Lingkaran

Keywords


Model Rotating Trio Exchange dan hasil belajar

References


Arikunto, S dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Damyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Riad. 2012. Kekurangan dan kelebihan Cooperative learning tipe RTE. Wordpress http://www. Axpresiriau.Kekurangan dan kelebihan cooperative learning tipe RTE.blog.com di Download Hari Rabu, 30-12-2015 jam 10:58.

Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syahrir, S. (2017). Application Of Cooperative Learning Model Index Card Match Type In Improving Student Learning Results On Composition And Composition Functions Of Functions Invers In Man 1 Mataram. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 414-420.

Syahrir, S. P. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Teams Game Turnamen (TGT) terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Matematika Siswa SMP (Studi eksperimen di SMP Darul Hikmah Mataram). Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa.

Syahrir, S., & Kusnadin, K. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar yang Menyenangkan dan Menantang. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 1(2).

Wahyuni, S. 2015. Upaya meningkatkan Penguasaan Konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Penerapan Guide Discovery-Inquriy Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gerung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi pada jurusan Pendidikan Matematika IKIP Mataram: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v3i2.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)



Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.