Metode Role Playing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V di SDN 1 Pancor Tahun 2021/2022

Ririn Khopipah, Muhammad Tahir, Nur Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Pancor Tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Pancor yang berjumlah 49 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sensus/sampling total. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumen dan tes. Observasi digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode role playing berbantuan media audiovisual. Dokumentasi digunakan untuk membuat penelitian semakin kredibel. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam pembelajaran dengan menggunakan metode role playing berbantuan media audiovisual. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi atau Sig(2-tailed) 0,003 yang berarti <0.05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode role playing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Pancor tahun 2021/2022.

Keywords


Metode Role Playing, Media Audiovisual, Hasil Belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Andayani, 2014. Pembelajaran Terpadu di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.

Hayatun, Miftahul. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing terhadap Perkembangan Sosial Emosional Siswa pada Kelas III Gugus 2 Ambalawi Tahun Ajaran 2020/2021. Mataram: Universitas Mataram.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indyati, Desi. 2016. Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SDN 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. Mataram: Universitas Mataram.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Safitri. 2020. Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Tema Aku dan Cita-Citaku SDN Gugus 1 Gerung Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Mataram: Universitas Mataram.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Suryani, Nunuk., Achmad Setiawan., Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ririn Khopipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.