Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika Pada Masa Pandemic Covid-19

Supriadin Supriadin, Herman Syah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika  pada masa pandemic Covid-19 dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika pada masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah dua orang dosen dan sepuluh orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Triangulasi menggunakan teknik triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran daring bagi mahasiswa Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika pada masa pandemic Covid-19 dilaksanakan berdasarkan SK Rektor Universitas Pendidikan Mandalika tentang kebijakan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika dilaksanakan dengan menggunakan media daring seperti zoom, google class room, whatsapp group. Pada proses pembelajaran secara daring dosen memberikan materi dan tugas kepada mahasiswa menggunakan media yang telah ditetapkan oleh dosen. Proses interaksi yang terjalin dalam pembelajaran daring masih minim. Capaian pembelajaran dalam pembelajaran daring di Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Mandalika hasilnya sama dengan pembelajaran tatap muka, hanya saja kriteria ditetapkan lebih rendah mengingat situasi dan kondisi yang ada dengan adanya pandemic Covid-19. Faktor pendukung adanya dukungan dari pihak kampus Universitas Pendidikan Mandalika dengan menyediakan fasilitas pembelajaran bagi dosen melalui aplikasi pembelajaran berlangganan untuk membuat materi pembelajaran dan kuota internet. Bagi mahasiswa pun diberikan layanan gratis kuota internet dengan layanan provider yang telah ditetapkan, hanya saja tidak semua mahasiswa dapat memanfaatkan layanan kuota gratis tersebut. Faktor penghambat dalam pembelajaran daring adalah sinyal internet yang belum semua mahasiswa dapat mengaksesnya dengan baik. Hal ini dikarenakan mahasiswa banyak yang berada di daerah yang kemungkinan sinyal internet masih terbatas. Hambatan yang ada ini menyebabkan mahasiswa tidak dapat secara penuh mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh dosen secara daring.

Keywords


Implementasi Pembelajaran Daring, Pandemic Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agus Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara.

Firman. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Vol 2 No 2 (2020): Indonesian Journal of Educational Science (IJES), hlm. 1.

Hakiman. 2020. Pembelajaran secara Daring, diakses melalui https://iainsurakarta.ac.id/ %EF%BB%BFpembelajaran-daring/, pada tanggal 10 November 2021.

Kasiran. 2010. Metodologi Penelitian Kuantatif dan Kualitatif. Malang: UIN Press.

Nafik Muthohirin. 2020. “Hardiknas dan Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi”. Diakses melalui https://cara pandang.com/read-news/hardiknas-dan-tantanganpembelajaran-daring-di-masa-pandemi, Pada tanggal 10 November 2021.

Novita Arnesi dan Abdul Hamid K. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online –Offline dan KomunikasiInterpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, hlm. 88.

Rustaman. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : Inperial Bakti Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i1.2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Supriadin Supriadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.