Analisis Antropologi Novel La Bibano Putri Kalepe Karya Abdurrahman Ibrahim

Santi Lestari, Rusdiawan Rusdiawan, Sukri Sukri

Abstract


Isu sentral yang dikaji dalam artikel ini membahas “Analisis Antropologi Novel La Bibano Putri Kalepe Karya Abdurrahman Ibrahim”. Rumusan masalah pada artikel ini yaitu “bagaimana nilai-nilai budaya dalam novel La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim dengan analisis antropologi sastra?”. Adapun tujuan pada artikel ini yaitu berusaha mendeskripsikan nilai-nilai budaya dari novel La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim dengan menggunakan kajian antropologi sastra. Artikel ini termaksud penelitian kualitatif karena menjelaskan dan mendeskripsikan nilai-nilai budaya  dalam novel tersebut. Metode dokumentasi adalah metode utama yang digunakan dalam penulisan artikel ini, serta melibatkan metode catat. Teori yang digunakan untuk mendapatkan nilai-nilai budaya adalah teori antropologi sastra milik Ratna (2017).  Mekanisme analisis data meliputi dengan membaca secara cermat, data dikelompokan, mendeskripsikan, membuat simpulan, dan menyusun hasil pengkajian. Hasil penelitian menujukan bahwa temuan data antropologi sastra dalama novel La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim sejumlah 34 data yang terbagi ke dalam tujuh unsur. Tujuh unsur tersebut adalah (1) peralatan kehidupan manusia sejumlah 10 data, (2) mata pencaharian sejumlah 3 data, (3) sistem kemasyarakatan sejumlah 4 data, (4) sistem bahasa sejumlah 8 data, (5) kesenian dengan berbagai jenisnya sejumlah 3 data, (6) sistem pengetahuan sejumlah 3 data, dan (7) sistem religi sejumlah 3 data.


Keywords


Antropologi, Novel La Bibano Putri Kalepe,

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2015. La Bibano Putri Kalepe. Ampenan Mataram NTB: bukudaku Alamtara Publishing.

Cartwright,J. 2009. Cultural Transformation: Nine Factors For Continuous Business Improvement. Singapore : Financial Times/Prentice.

Jabrohim. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Harindita Graha Widya.

Ratna. 2017. Antropologi Sastra : Peranan Unsur-unsur kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutopo. 2006. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tasmuji, Dkk. 2011. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Zuhri. 2001. Metodologi Penelitian : Pendekatan Teoritis Aplikatif. Lamongan: Unisda Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i2.3347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Santi Lestari, Rusdiawan Rusdiawan, Sukri Sukri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.