“ZIARAH MAKAM” DI LOMBOK: PERSINGGUNGAN ANTARA AKTIVITAS DOA DAN WISATA (Studi Kasus di Makam TGH. Mutawalli, Lombok Timur)

Ahmad Fauzan, Lalu Abdul Aziz, Eka Sukma Fujiama

Abstract


`Ziarah Makam` atau dalam istilah lain disebut `Ziarah Kubur` merupakan fenomena yang mengakar kuat dan telah berlangsung lama di kalangan masyarakat Sasak. Eksistensi ziarah makam ditopang oleh perpaduan sinkretis; di satu sisi berhubungan dengan keyakinan masyarakat tentang nilai sakralitas yang terkandung dalam prosesi ziarah makam yang dianggap bersesuaian dengan nilai-nilai ajaran agama Islam, dan disisi lain merupakan sebuah manifestasi tradisi yang telah berlangsung secara turun-temurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan makna makam dalam pandangan masyarakat Sasak, tradisi `Ziarah Makam` sebagai manisfestasi dari karakter spiritualitas masyarakatnya, serta realitas transformatif ziarah makam sebagai pangsa baru dalam pasar pariwisata. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna makam bagi masyarakat Sasak memiliki arti dan makna yang multi-dimensional. Dengan demikian, praktik ziarah makam yang dilakukan oleh masyarakat merupakan upaya untuk melakukan transfer atas nilai-nilai yang multi-dimensional tersebut. Selanjutnya, keberadaan makam dan aktivitas ziarah makam memiliki nilai komersil sebagai destinasi wisata religi di Pulau Lombok.


Keywords


Ziarah Makam; Wisata Religi; Tradisi Lokal; TGH Sibawaihi.

Full Text:

PDF

References


Anwar, M.F., dkk. 2017. Analisis Dampak Pengembangan Wisata Religi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim Dalam Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Sekitar.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 44(1), 189-193.

Armini, I Gusti Ayu. 2016. Tradisi Ziarah Kubur Dan Berkaul Pada Makam Keramat Di Lombok Nusa Tenggara Barat.Jurnal Penelitian Sejarah dan Nilai Tradisional, 23(01): 81-100.

Arzaki, D., et al. 2001. Nilai-Nilai Agama dan Kearifan Budaya Lokal Suku Bangsa Sasak dalam Pluralisme Kehidupan Bermasyarakat (Sebuah Kajian Antropologis Sosiologis-Agamis), Munzirin (ed.), Mataram: Pokja REDAM.

Aziz, Abd. 2018. Ziarah Kubur, Nilai Didakis Dan Rekonstruksi Teori Pendidikan Humanistik. Episteme, 13(1), 33-61.

Barnara, Asep. 2021. TGH Sibawaihi Dua Kali Menolak Penghargaan Kalpataru. Massmedia.id (Diakses pada 18 Juni 2022).

Bartolomeuv, Jhon Ryan. 2001. Alif Lam Mim Kearifann Masyarakat Sasak. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Budiwanti, Erni. 2000. Islam Wetu Telu versus Waktu Lima. Yogyakarta: LKiS.

Cassirer, E. 1987. Manusia dan Kebudayaan: Sebuah Esai Tentang Manusia, (Terjemahan), Jakarta: Gramedia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995/1996. Wujud, Arti dan Fungsi Puncak-puncak Kebudayaan Lama dan Asli bagi Masyarakat Pendukungnya di Daerah Nusa Tenggara Barat: Sumbangan Kebudayaan Daerah terhadap Kebudayaan Nasional, Mataram: Bagian Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Fadly, M.A. 2008. Islam Lokal: Akulturasi Islam di Bumi Sasak, Lombok Tengah: STAIIQH

Press.

Fauzan, A. 2013. Mitologi Asal Usul Orang Sasak: Analisis Strukturalisme Pemikiran Orang Sasak dalam Tembang Doyan Neda. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Fathurrahman. L.A. 2017. Kosmologi Sasak Risalah Inen Paer. Mataram: Penerbit Genius.

Levi-Strauss, C. 1966. The Savage Mind, Chicago: The University of Chicago Press.

Levi-Strauss, C. 2007. Antropologi Struktural, (Terjemahan), Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Jorgensen, D.L. 1989. Parcipant Observation A Methodology for Human Studies, London: Sage

Publication.

Mardalis. 2007. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mujib, M Misbahul. 2016. Fenomena Tradisi Ziarah Lokal dalam Masyarakat Jawa: Kontestasi Kesalehan, Identitas Keagamaan dan Komersial.Ibda` 14(2), 00-00.

Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda.

Rohimi. 2019. Historis dan Ritualisme Tradisi Ziarah Makam Keleang Di Dusun Kelambi: Studi Terhadap Pendekatan Antroplogi.Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 16(02), 161-171.

Supriadi, H. et al. 2022. Internalisasi Nilai-Nilai Perjuangan Maulana Syeikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Melalui Wisata Makam. Journal of Tourism Destination and Attraction: Volume 10 No.1 Juni 2022, E-ISSN: 2685-6026.

War’i, M. 2022. Meneguhkan Harmoni Beragama Melalui Dakwah Inklusif: Analisis Isi Dan Respon Sosial Ceramah Kontroversial Tentang Hukum Ziarah Makam Di Pulau Lombok dalam Jurnal Harmoni; ISSN:1412-663X, e-ISSN:2502-8472.

Wawansyah, dkk. 2014. Tradisi Ziarah Kubur Masyarakat Sasak (Studi Kasus Makam Loang Baloq),Paedagoria, 09(01), 25-37.

Yamin, M. 2009.Konsep Geo-sosiokultural dan Spirit bagi Mekanisme Pranata Sosial Masyarakat Majemuk Perspektif Budaya Sasak dalam Kemajuan Peradaban dan “Leadership” sebuah telaah Politik Kebudayaan di Nusa Tenggara Barat. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzan, Lalu Abdul Aziz, Eka Sukma Fujiama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.