Pengaruh Latihan Variasi Small Sided Games Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Passing Dan Stopping Pemian Futsal The Jinkz Fc Bangkalan

Lutfi Hamdani, Heni Yuli Handayani, Khoirul Anwar

Abstract


Olahraga juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu tercapainya kesegaran jasmani, dalam menerapkan batasan pendidikan jasmani, harus pula dipertimbangkan kaitannya dengan permainan, olahraga serta prestasi. Futsal adalah olahraga yang sangat digemari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Metode latihan small sided games adalah suatu latihan yang berkembang, dengan menyajikan situasi permainan yang membuat pemain mendapatkan penguasaan aspek teknik, taktik, dan fisik sekaligus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan variasi small sided games terhadap kemampuan teknik dasar passing dan stopping pemain futsal The Jinkz fc Bangkalan dengan metode menendang bola ke tembok pada pemain futsal The Jinkz fc. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan futsal HM sport Bancaran yang berjumlah 20 pemain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen quasi. Berdasarkan hasil penelitian uji normalitas adalah 0,200 yang nilainya berarti > 0,05 berdistribusi normal, hasil uji homogenitas di peroleh nilai 0.176 yang nilainya berarti < 0,05 dinyatakan homogen, Sedangkan untuk Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0.000, berarti kurang dari 0.05, maka Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwasannya ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran kepada pemain.


Keywords


Futsal, small sided games, Olahraga

Full Text:

PDF

References


Abdul Rohman, B. I. (2021). Survei Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam Peserta Ekstrakulikuler Futsal SMK Pamor Cikmpek. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7, 357-366.

Hutomo, A. S., Kristiyanto, A., & Purnama, S. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Futsal Melalui Penggunaan Media Vidio Pada Mahasiswa Putra Penghobi Futsal. Prosising Seminar Nasional Iptek Olahraga, 22.

Irawan, D., & Nidomuddin. (2017). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Otot Tungkai dengan Prestasi Renang Gaya Dada 50 Meter. Pendidikan Jasmani, Olahraga da Kesehatan, 1(1), 48-56.

Meirizal, Y., & Rusmana, R. (2018). Perbandingan Latihan Pull Up dan Latihan Push Up terhadap Keterampilan Chest Pass Bola Basket. Kepelatihan Olahraga, 10(1), 26-33.

putra, h. (2014). Mini football square.

Sugandi, G., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Small Sided Game Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Futsal. Jurnal Of Physical And Outdour Education, 2, 110.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiantoro, D. (2016). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Bermain Futsal Siswa Pada Tim Futsal Putra Dan Putri Sma N 1 Sewon Yang Mengikuti Paf Tahun 2015. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Yogyakarta.

Wiriawan, O. (2017). Panduan Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Olahragawan. Yogyakarta: Thema Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lutfi Hamdani, Heni Yuli Handayani, Khirul Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.