MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER DI MTs NEGERI I DOMPU

Yufina Yuliana

Abstract


Kepala sekolah memiliki peran sentral dalam pengembangan sekolah seperti edukator, manager, Administrator, Supervisor, Lider, Inovator, dan Motivator. Untuk menunjang pern tersebut kepalasa sekolah harus memiliki kemampuan menajerial yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan manajerial kepala madrasah dalam mengintegrasikan nilai karater di MTs Negeri 1 Dompu. Pendekatan yang diguankan adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian  kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajerial kepala madrasah dalam mengintegrasikan nilai karakter dibagi menjadi tiga macam yaitu: keterampilan konseptual, ketarampilan manusiawi, dan keterampilan Teknik. Keterampilan konseptual kepala madrasah terdapat dalam kegiatan sebelumnya proses pembelajaran, untuk keterampilan manusiawi dalam menerapkan Pendidikan karakter terdapat dalam komunikasi antara kepala madrasah dengan guru di Lembaga tersebut seperti pada saat diruangan guru selalu diadakan rapat untuk membicarakan tentang hal-hal yang mengganggu saat proses pembelajaran. Sedangkan untuk keterampilan teknis dilihat pada saat diadakan kegiatan hari pahlawan Kepala madrasah mampu Menyusun daftar kegiatan guru sehingga kegitan tersebut berjalan dengan lancar. Selain itu keterampilan Teknik pada saat mengafaluasi hasil kerja guru. Kedua bentuk-bentuk nilai karakter yang di integrasikan di MTsN I Dompu sebagai kepala madrasah, pemimpin berusaha menanamkan nilai-nilai karakter yang mengabil dari 99 asma’ül husna, yaitu: JTVDKAP (jujur, tangging jawab, visioner, disiplin, Kerjasama, adil dan peduli. Ketiga implikasi manajerial kepala madrasah terhadap karakter siswa di MTsN I Dompu, memberikan dampak yang positif terhadap siswa dan guru baik dalam kegiatan sekolah maupun sosial

Keywords


Manajerial, Kepala Sekolah, Nilai Karakter

Full Text:

PDF

References


E., Mulyasa. 2011. No Title Menjadi Kepala Sekoalah Profesional.

Fahroji, Oji. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter.” Qathrunâ 7 (1): 61. Https://Doi.Org/10.32678/Qathruna.V7i1.3030.

Haris Abdullah. 2017. Npendidiakan Karakter Dalam Perseptif Isalam.

Hayati, Suparti Dwi. 2017. “Implementasi Model Kepemimpinan Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Dalam Perspektif Islam,” No. Agustus: 1–45. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/1126.

Iskandar, J. 2017. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekoalah.” Manajemen Pendidikan 1.

Konseling, Layanan Bimbingan, Persepsi Peserta, Didik Kelas, S M P Negeri, Dana Suryaatmaja, Sutaryat Trisnamansyah, And Nanang Hanafiah. 2018. “Kontribusi Manajemen Pembelajaran , Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik” 1: 17–26.

Kurnia T. & Suryana. 2021. Implementasi Fugsi Manajerial Kepala Mdarsah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Miles, Matthew B. 1994. No Title Qualitative Data Analysis.

Muchtar,D ., & Suryani. 2019. “Pendidikan Karakter Menurut Pendikbut.” Pendidikan 2.

Nkementrian Pendidikan Nasioanal. 2010. “Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangasa.” Jakarta. 2010.

Nur, Muhammad, Cut Zahri Harun, And Sakdiah Ibrahim. 2016. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4 (1): 93–103.

Puspita Sari. 2016. No Titlependekatan Pendidikan Karakter.

Salim Ahmad. 2015. “Manajemen Pendidikan Karakter Di Madrasah (Sebuah Konsep Dan Penerapannya).” Tarbawi 1 (02): 1–16.

Thoyib Muhammad. 2014. No Titlemanajemen Mutu Program Perguruan Tinggi Iskam Dan Konteks Otonomi Perguruan Tinggi.

Widodo, Hendro. 2017. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.” Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (1): 85–93. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V2i1.105.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yufina Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.