PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DI DISTRIK SORONG UTARA KOTA SORONG (Studi Pada Pedagang Lokal Mama-mama Papua Di Depan Jupiter Super Market)

Muhammad Arifin Abd Kadir, Muhammad Ali, Ummu Salmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Kebijakan Pemerintah terhadap Pedagang Lokal Mama-Mama Papua di Distrik Sorong Utara Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi adalah penelitian lapangan. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1. Pedagang Lokal merupakan tanggung jawab besar bagi pemerintah untuk bisa di kembangkan, karena pedagang lokal terutama mama-mama papua yang berjualan sekarang bersaing dengan pedagang atau retail modern. 2. Dalam pengembangan pedagang lokal ini membutuhkan strategi yang jelas dan tepat dari pemerintah sendiri guna bisa menjawab setiap permasalahan yang ada dalam pengembangan pedagang-pedagang lokal terutamamama-mama papua. Saran yaitu Peran Pemerintah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Lokal Di Distrik Sorong Utara Kota Sorong masih perlu dan harus ditingkatkan yaitu dengan mengadakan sosialisai atau pelatihan untuk meningkatkan keahlian pedagang lokal dalam berdagang serta bantuan dalam pemodalan dan fasilitas yang menunjang kegiatan berdagang.

Keywords


Economic Growth, Methods Local Traders.

Full Text:

PDF

References


Abd Kadir, M. A., & Purnomo, A. (2022). Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Di Distrik Maladum Mes Kota Sorong. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 5(1), 59-68.

Fatmawati, Yolamalinda, Rizky Natassia. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Pasar Raya Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Hlm 1-9.

Harsiwi. (2004). Konflik Kerja-Keluarga Dan Kepuasan Kerja Akademisi Wanita.

Jurnal EKOBIS, 3(1): 217-229.

Kadir, M. A. A. (2017). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN CAMAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 37-47.

Rafidah, R. (2019). Strategi dan Hambatan Pedagang Kaki Lima Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus PKL di Telanaipura Kota Jambi). Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 4(2), 55-69.

Rusdi, R., Kadir, M. A. A., Kelibey, I., & Basri, L. (2021). Analisis Kinerja Satpol PP Dalam Penegakan PERDA Terhadap Pedagang Kaki Lima Di Kota Sorong. Journal Governance and Politics (JGP), 1(2), 10-24.

Soerjono Soekanto. (2001). Sosiologi Sebagai Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Administrasi (ed.5). CV. Alfabeta: Bandung.

Suryanto.2010. Sebuah Upaya Perbaikan dan Inovasi dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik. Media Kekayaan Negara Ed 1: Jakarta.

Yuliana, B., Suaib, H., & Purnomo, A. (2017). Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima di Pasar Kayase Kabupaten Sorong Selatan. Gradual, 6(1), 81-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Arifin Abd Kadir, Muhammad Ali, Ummu Salmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.