Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Pada Aplikasi Eclipse Crossword Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD

Fitri Nanda Lestari, Budhi Rahayu Sri Wulan, Rosyidah Umami Octavia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dampak pembelajaran word square pada aplikasi eclipse crossword terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v sekolah dasar dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan aplikasi eclipse crossword. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih terbatas dan cenderung sulit mengembangkan penguasaan berpikir kritis yang dimiliki. Maka dari itu beberapa siswa tidak tertarik dan tidak memilki motivasi untuk mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Akhirnya, penguasaan siswa pada materi pembelajaran termasuk rendah dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan Pre-Experiment Desaign. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Muhammadiyah 2 Waru, sampel penelitian ini terdapat 10 siswa kelas kontrol dan 10 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS untuk memperoleh hasil. Untuk data pretest kelas eksperimen pada uji kolmogrov smirnov memperoleh sig pada pretest dengan nilai total 0,175 untuk nilai posttest memperoleh nilai 0,007. Sedangkan pada hasil kelas kontrol uji kolmogrov smirnov memperoleh nilai pretest 0,420 untuk nilai posttest memperoleh nilai 0,008. Dari perhitungan tersebut dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh aplikasi eclipse crossword dengan model pembelajaran word square terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor kelas V SD Muhammadiyah 2 Waru. Hasil angket respon siswa diperoleh hasil 97% dengan kriteria sangat baik, sehingga dapat disimpulkan terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan aplikasi eclipse crossword.

Keywords


Word square, Eclipse Crossword, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018.) Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara

Chanoe, M. (2010). Asah Otak Anda Dengan Permainan Teka-Teki Yang Dirancang Khusus Untuk Kecerdasan. Yogyakarta: Buku Biru.

Hamiyah, N. D. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Jihad, Asep. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khodijah, Nyayu. (2006). Pembelajaran Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah.

Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mujib, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik, Dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240.

Nyoman, Z. d. (2014). Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistika . Yogyakarta: CV Budi Utami.

Pritasari, A. D. (2011). Upaya Meningkatkan Kmemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, E .& Dewi, G. K. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Peta Tiga Dimensi Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas IV SDN Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education,611.Https://Doi.Org/10.36312.Jime. V6i2. 1340.

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/886

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 516-523.




DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitri Nanda Lestari, Budhi Rahayu Sri Wulan, Rosyidah Umami Octavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education (p-issn: 2442-9511;e-issn: 2656-5862) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.